oleh

Covid-19 Mulai Tak Terkendali, Hong Kong Akan Berlakukan Lockdown

HONG KONG  – Pemerintah Hong Kong akan memberlakukan karantina wilayah atau lockdown terhadap puluhan ribu warganya untuk membatasi penularan COVID-19, pertama kalinya sejak pandemi mulai masuk ke wilayah itu, demikian dilaporkan South China Morning Post (SCMP) pada Jumat, (22/1).

 

SCMP, yang mengutip keterangan narasumber anonim, menyebut langkah baru itu akan diterapkan di distrik Jordan dan Sham Shui Po, yang mencakup sebagian kecil Hong Kong namun padat populasi.

 

Kedua distrik tersebut merupakan kawasan dengan banyak rumah susun tua dan sempit (subdivided flats) yang membuat virus dapat menyebar dengan lebih mudah.

 

“Infeksi tinggi dan menyebar luas yang terjadi secara tetap (di area tersebut) dan pemantauan di saluran pembuangan air menunjukkan bahwa wabah belum ada di bawah kendali,” kata sumber SCMP itu, seperti dilansir dari Antara.

 

Otoritas kesehatan di wilayah kota berpenduduk total sekitar 7,5 juta orang itu pertama-tama mengisolasi empat blok rumah susun di area tersebut pada Jumat pekan lalu, dengan melarang penghuni untuk keluar atau masuk gedung untuk menjamin semuanya dikarantina.

 

Pemerintah hanya akan mencabut aturan lockdown ketika semua orang di kawasan yang dimaksud telah dites COVID-19, kata SCMP.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.