Jurnalis Rentan Terinfeksi Covid 19, Puluhan Anggota PWI Jalani Rapid Antigen

SOREANG – Difasilitasi Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung, puluhan anggota Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Bandung menjalani rapid antigen Covid-19  di Lapangan Tenis Indoor Komplek Pemda Kabupaten Bandung, Rabu (20/1).

Selain anggota PWI Kabupaten Bandung, sejumlah staf Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Bandung juga mengikuti rapid antigen tersebut. Kuota peserta rapid antigen Covid-19 bantuan dari Pemprov Jawa Barat tersebut mencapai kurang lebih 3.000 orang.

Ketua PWI Kabupaten Bandung Rahmat Sudarmaji menuturkan, kegiatan rapid antigen bagi para jurnalis memang perlu dilakukan. Sebab, jurnalis rentan terinfeksi Covid-19 saat menjalankan profesinya mencari informasi.

“Jurnalis sangat rentan sekali. Maka anggota PWI Kabupaten Bandung kami anjurkan untuk mengikuti rapid antigen ini secara gratis,” ungkap Rahmat saat di wawancara, Rabu (20/1).

Rahmat sendiri mengaku sebelumnya sempat terinfeksi Covid-19 dari klaster keluarga. Seluruh anggota keluarganya bahkan dinyatakan positif. Ia dan keluarga sempat menjalani isolasi selama hampir sebulan.

“Saya juga sempat terpapar. Alhamdulillah, semuanya kembali sehat. Istri saya, anak-anak saya. Makanya menjalani rapid antigen ini sebagai langkah awal untuk mengetahui terpapar atau tidak. Karena memang ada yang terpapar tapi tidak bergejala. Nah ini yang justru berbahaya, bisa menularkan ke yang lain,” kata dia.

Menurut Rahmat, selama isolasi pihaknya mendapat perlakuan baik dari sejumlah pihak. Baik dari Bupati Bandung Dadang M Naser dan kadinkes drg Grace Mediana Purnami.

Rahmat menambahkan, pandemi Covid-19 masih belum berakhir. Ia berpesan agar para jurnalis tetap menaati protokol kesehatan saat menjalankan profesinya.

“Jurnalis ini juga salah satu pejuang Covid-19. Karena dengan profesinya memberikan informasi kepada masyarakat, risikonya tentu sangat besar terinfeksi. Maka saya pesan, agar selalu taati protokol kesehatan,” kata dia.

PWI Kabupaten Bandung, lanjut dia, juga mengucapkan terima kasih kepada Dinkes Kabupaten Bandung yang sudah memberikan fasilitas rapid antigen Covid-19 secara gratis kepada para anggota PWI Kabupaten Bandung.

“Kerjasama dengan Dinkes Kabupaten Bandung ini juga dalam rangkaian kegiatan menyambut Hari Pers Nasional (HPN) 2021. Kami ucapkan terimakasih sebesar-besarnya. Semoga kerjasama ini bisa terus berlanjut di kemudian hari,” tandasnya. (yul)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan