Canggih Nih! Para Ilmuwan Berhasil Ciptakan Masker yang Dapat Bunuh Virus Korona

INGGRIS – Para ilmuan di London, Inggris berhasil menciptakan masker yang bisa membunuh partikel virus korona.

Melalui perusahaan Smart Technologies produk masker dengan nama  Invisi Smart Technologies itu, diklaim memiliki kemampuan menangkap partikel-partikel virus. Termasuk virus korona.

Seperti yang dilansir The Scouttist SUN media lokal Inggris, masker itu memiliki lapisan titanium dioksida (Ti02). Bahan kimia itu, bisa menghancur virus yang menempel pada filter masker. Sehingga kuman tidak menyebar lebih jauh, termasuk ke tangan si pemakai masker.

Dalam uji cobanya, para peneliti di University of Cambridge menyemprot cairan Ti02. Setelah itu, partikel Covid-19 disemprotkan pada masker Invisi. Kemudia, dalam kurun waktu tidak lama partikel virus Covid-19 mati dengan sendirinya.

Pada penelitian lanjutan cairan Ti02, disemprotkan dalam kurun waktu 120 hari dan tetap efektif membunuh partikel virus korona.

” (Ti02) secara efektif menghambat infeksi Covid-19 hingga 120 hari,” kata Ravi Gupta, Profesor Mikrobiologi Klinis di universitas yang terlibat dalam penelitian itu.

Dalam keterangannya kepada Good Health, Prof Gupta, mengidentifikasi jenis virus korona baru. Sehingga,dibutuhkan perlindungan inovatif.

“Yang terpenting adalah penonaktifan virus pada masker, sehingga tidak dapat ditularkan melalui sentuhan,” ujarnya.

Cara kerja dari masker canggih ini terbilang unik. Pada logo  bagian depan masker akan tampak memudar dari waktu ke waktu. Hal ini menunjukan bahwa jumlah material telah menurun dan terdegradasi.

Prof Gupta dan tim peneliti memposting temuan tersebut di dalam situs web BioRxiv sebelum ditinjau oleh ilmuwan lain.

Dia menuliskan, Ti02 adalah “kandidat yang menjanjikan” untuk meningkatkan kemanjuran masker wajah.

’’Ini bisa digunakan pada permukaan yang kemungkinan terkontaminasi, seperti di rumah sakit,’’ucap Gupta dalam tulisannya.

Sementara itu, seperti yang di lansir MailOnline pada Agustus 2020, sebuah studi dari EPFL di Swiss mengklaim bahwa masker Invisi dapat membunuh kuman. Tapi bisa digunakan kembali hingga 1.000 kali.

Akan tetapi, masker dari Invisi Smart Technologies itu baru beredar di beberapa negara-negara eropa dan Amerika dengan harga 4.75 euro.(bbs/yan/zar)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan