Jajaran Mobil Listrik Pesaing Tesla, Salah Satunya dari China

JAKARTA – Selamat datang masa depan, di mana mobil listrik dan kendaraan autopilot menggantikan bensin dan sopir. Kecepatan perkembangan teknologi yang semakin canggih mendekatkan kita dengan efektivitas dan automatisasi. Melalui mobil-mobil listrik pabrikan Tesla, kendaraan ramah lingkungan dengan tenaga listrik dan kemampuan autopilot sudah bisa dinikmati oleh sebagian kecil orang yang mampu membeli mobil listrik yang dibanderol dengan harga ratusan juta hingga miliaran rupiah.

Persaingan antarperusahaan penyedia mobil listrik masih terus berlanjut. Tidak hanya Tesla, pabrikan mobil lain pun telah mengambil langkah dan ikut serta dalam adu kekuatan mobil listrik buatan mereka. Berikut jajaran mobil listrik yang berpotensi menyaingi Tesla.

  1. Lucid Air

Lucid Air adalah salah satu mobil listrik yang akan dirilis Lucid Motors di 2021 ini. Dilansir dari Lucidmotors.com, Lucid Air yang diproduksi oleh perusahaan Amerika Serikat ini hanya perlu waktu 20 menit untuk mengisi daya baterainya agar bisa melaju sejauh 483 kilometer.

“Dengan arsitektur elektris kami yang dapat menyalurkan lebih dari 900V+, kami berhasil meningkatkan kecepatan pengisian daya yang membuatnya menjadi mobil listrik dengan pengisian daya tercepat di dunia, kata Vice President Hardware Engineering Lucid Motors Eric Bach melalui siaran resminya yang dikutip dari Lucidmotors.com.

  1. Nio eT7

Mobil listrik yang dikembangkan produsen mobil Nio dari China ini telah diluncurkan dalam acara Nio Day, Sabtu (9/1) waktu setempat, disiarkan secara langsung melalui live streaming, dilansir dari otodriver.com. Mobil eT7 dirilis beberapa hari setelah Tesla mengumumkan memulai penjualan Model Y buatan China di pasar China.

Kepala eksekutif Nio, William Li menegaskan bahwa sedan Nio eT7 dilengkapi dengan teknologi baterai baru yang bisa menjelajah sampai 1.000 kilometer dalam sekali pengisian penuh. Mobil listrik ini dipasarkan dengan harga mulai 378.000 yuan ($58.378) atau sekira Rp820,5 juta jika ingin mobil tanpa paket baterai. Baterainya dapat disewa dari perusahaan. Sedangkan untuk harga mobil dengan paket baterai dipatok dengan harga 448.000 yuan atau Rp972 jutaan.

Nio eT7 mampu berakselerasi dengan cepat dari 0-100 km per jam dalam waktu hanya 3,9 detik. Sedan dengan sumbu roda 3,006 meter ini memiliki tinggi 1,505 meter dan panjang 5,098 meter.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan