oleh

DPRI RI Turut Prihatin Tanggapi Kerusuhan Pendukung Trump di Gedung Kongres AS

JAKARTA – Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin turut buka suara menyoal kerusuhan dari para pendukung Trump yang terjadi di Gedung Kongres AS pada hari Rabu lalu tersebut.

Aksi tersebut diwarnai kericuhan sampai memakan korban jiwa, simpatisan Presiden Amerika Donald Trump itu menduduki gedung US Capitol dan bertindak anarkis, serta menyebabkan tertundanya sidang dengar pendapat hasil Pilpres AS 2020.

“DPR RI turut prihatin adanya tindakan anarkis oleh pendukung kandidat tertentu terhadap rumah parlemen (Capitol Hill) yang berdampak pada dirkursus supremasi hukum Amerika,” kata Azis dikutip dari Antara, Kamis (7/1).

Dia menilai tindakan para demonstran sangat tidak terpuji serta tidak dapat dibenarkan.

Menurutnya, AS merupakan negara yang memiliki fondasi demokrasi yang sangat kuat, sehingga sangat disesalkan tindakan anarkis yang terjadi oleh sekelompok orang.

“Kami harapkan legitimasi proses hukum pengumpulan hasil Pilpres AS tahun 2020 dapat segera teratasi sesuai dengan norma-norma demokrasi dan mekanisme hukum setempat,” ujarnya.

Azis menilai tindakan anarkis itu sebagai tindakan melawan hukum yang patut ditindak tegas sesuai dengan mekanisme hukum setempat.

Dia menambahkan, kebebasan menyampaikan pendapat sudah selayaknya menghormati terhadap tanggung jawab konstitusi dan hukum perundang-undangan yang harus diikuti serta demi tegaknya keadilan.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga