Donald Trump Buka Suara Soal Kerusuhan Pendukungnya di US Capitol

US – Presiden Donald Trump pada Kamis (7/1) buka suara, sehari setelah para pendukungnya “chaos” di Capitol AS karena tidak menerima kemenangan Presiden terpilih selanjutnya, Joe Biden.

Ketika para pemimpin Demokrat menuntut penggulingannya, Trump semakin mendekati konsesi formal daripada sebelumnya.

Perlu diketahui, jajaran pemerintahan baru akan dilantik pada 20 Januari, dan Trump berjanji untuk memastikan terjadi “transisi yang mulus” dalam video yang dirilis pada Kamis malam.

Presiden mengutuk kekerasan hari Rabu itu, dengan mengatakan para perusuh telah mencemari kursi demokrasi Amerika dan harus dimintai pertanggungjawaban.

Sehari sebelumnya, Trump mengatakan kepada para pendukungnya: “Kami mencintaimu. Kamu sangat spesial,” dilansir Reuters, saat dia mendesak mereka untuk pulang setelah mereka masuk ke Capitol.

Dalam sambutannya pada hari Kamis, presiden mengatakan, pemilihan kursi presiden yang intens dan penuh emosi baru saja dilalui. Dia meminta warganya untuk mendinginkan emosi-emosi tersebut.

“Kita harus melanjutkan bisnis Amerika,” tambah Trump dengan suara adem, yang jarang terlihat sebelumnya dari presiden lincah itu.

Pernyataan itu sangat berlawanan dengan Trump, yang telah menghabiskan waktu berbulan-bulan bersikeras bahwa dia menang dalam pemilu 3 November, dengan tuduhan penipuan yang meluas meskipun tidak ada bukti.

Baru-baru ini pada Kamis pagi, ketika dia mengeluarkan pernyataan melalui seorang ajudan, Trump masih mengklaim bahwa pemilihan tersebut telah dicuri.

Dalam video tersebut, dia membela upayanya untuk menantang pemilu di pengadilan, dengan mengatakan tujuannya adalah untuk “memastikan integritas suara.”

Tetapi, desakannya pada hari Rabu kepada ribuan pendukung bahwa mereka berbaris ke Capitol untuk memprotes hasil pemilihan yang menghantam massa yang menyerbu petugas polisi dan menyerbu gedung Capitol, memaksa anggota Kongres bersembunyi untuk keselamatan mereka sendiri.

Kekerasan tersebut merenggut empat nyawa, termasuk seorang wanita di antara para demonstran yang ditembak oleh pihak berwenang.

Setelah laporan bahwa seorang petugas Kepolisian Capitol telah meninggal, agensi tersebut mengeluarkan pernyataan yang mengatakan bahwa mereka tidak akurat.

Para petinggi Demokrat di Kongres, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Nancy Pelosi dan pemimpin Senat Demokrat Chuck Schumer, meminta Wakil Presiden Mike Pence dan Kabinet Trump untuk menggunakan Konstitusi AS untuk mencopot Trump karena “hasutannya untuk memberontak.”

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan