Darurat! Karawang Siaga 1 COVID-19

KARAWANG– Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menetepkan Kabupaten Karawang berstatus sia­ga 1 covid-19 bersama Kota Depok. Status tersebut melekat lantaran dua wilayah tersebut sudah be­berapa pekan berada di zona merah dalam peta risiko tinggi penularan virus korona.

Gubernur yang biasa disapa Emil ini menyebut Karawang sudah empat minggu berstatus zona merah. Bahkan catatan KBE, malahan Karawang sudah 7 pekan atau ham­pir dua bulan. Terhutung sejak 11 November, saat itu Karawang sudah dinya­takan sebagai zona merah, daan sampai saat ini be­lum menurun statusnya. Angka pasien positif pun makin meroket. Tenaga kesehatan satu per satu terpapar. Beberapa di antaranya harus tutup usia.

“Kami siaga 1 di dua dae­rah, yaitu di Depok dan Karawang. Itu sudah em­pat minggu zona merah terus dalam catatan kami,” kata Emil, kemarin (5/1).

Tingginya angka kasus baru yang bertambah setiap hari, tak berband­inglurus dengan kesiapan ruang isolasi. Penginapan yang sudah disewan untuk mengcover rumah sakit rujukan yang sudah ter­lebih dahulu penuh pn, nasih dirasa belum cukup. Satgas Covid-19 Karawang pun belum lama ini men­gakui sebagian pasien harus menunggu waiting list atau antre terlebih dahulu untuk mendapat jatah isolasi di ruang yang disiapkan pemerintah ka­bupaten.

“Keterisian ruang iso­lasinya juga seperti di Karawang sudah darurat, keterisian 110 persen. Jadi ini mungkin rekor ter­buruk untuk yang sudah ada,” imbuh Emil.

Emil juga mengata­kan bahwa pemerintah provinsi sudah meminta dukungan dari Polda Metro Jaya dan Kodam Jaya untuk mengenda­likan penularan covid-19 di Kota Depok dan Ka­bupaten Karawang, yang sejak awal Desember 2020 berada di zona me­rah, zona risiko tinggi penularan virus korona. Menurut Kang Emil, libur panjang Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 ikut me­mengaruhi peningkatan kasus covid-19 di wilayah Jawa Barat.

Emil ingin penanganan virus korona dioptimal­kan di dua daerah terse­but. Dia mengaku sudah meminta agar TNI dan Polri turut berperan agar penularan di Depok dan Karawang bisa ditekan dengan maksimal.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan