Lebih dari Sekadar Hobi, Ikan Cupang Juga Punya Nilai Ekonomi Tinggi

BANDUNG – Pandemi yang berkepanjangan membuat masyarakat terpaksa menghabiskan banyak berada di rumah. Alhasil, banyak yang mulai mencari hobi dan kegiatan baru, misalnya bersepeda, bercocok tanam, atau memelihara ikan cupang.

Salah satu hobi yang peminatnya meningkat selama pandemi adalah memelihara ikan hias atau ikan cupang.

Ikan cupang menjadi salah satu hewan peliharaan yang semakin digemari saat masa pandemi COVID-19 karena bentuknya yang indah dan warnanya yang benaneka ragam.

Menurut Rudiansyah, salah satu pehobi ikan cupang yang juga menjual ikan cupangnya, naiknya peminat ikan cupang dipengaruhi warna ikan cupang yang saat ini mulai beragam dari ikan cupang koi, avatar, sampai galaxy. Sehingga ikan cupang yang ada saat ini jenisnya berbeda dengan jenis ikan cupang dulu yang itu-itu saja.

“Naiknya ikan cupang, selain karena warna dan jenis yang beragam, pandemi yang berkepanjangan juga mempengaruhi cupang mulai diminati,” tutur Rudiansyah saat ditemui tim Jabar Ekspres, Selasa (05/01).

Popularitas ikan cupang membuat harga jualnyapun ikut naik. Salah satu faktor yang turut menaikkan pamor dan menimbulkan peningkatan harga ikan cupang adalah para selebritis dan artis.

Rudiansyah mengatakan, saat ini dia bisa menjual satu ikan cupang di kisaran harga Rp. 75.000 sampai Rp. 500.000 per ekor, tergantung bentuk dan jenis ikan cupang. Pembeli ikan cupang miliknya bahkan sampai Lampung, Kalimantan, NTT, dan NTB. (Mg13 – Ira)

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan