Selama 10 Bulan Covid-19, 504 Tenaga Kesehatan Gugur

JAKARTA – Sejak COVID-19 masuk Indonesia pada Maret hingga Desember 2020 atau tepatnya 10 bulan, 504 tenaga keseharan (nakes) gugur. Mereka meninggal terpapar virus mematikan tersebut saat menjalankan tugas merawat penderita COVID-19.

Tim Mitigasi Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) Adib Khumaidi mengatakan 504 tenaga medis di Indonesia meninggal dunia akibat terpapar COVID-19. Dari jumlah tersebut 237 di antaranya adalah dokter.

“Terdapat total 504 petugas medis dan kesehatan yang meninggal dunia akibat terinfeksi COVID,” seperti yang dilansir Fin.co.id (Grup Jabarekspress.com) Senin, (4/1).

Dijelaskannya, data tersebut merupakan data yang telah dimutakhirkan pada Jumat (1/1). Jumlah ini telah dirangkum oleh Tim Mitigasi IDI dari Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI), Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI), Ikatan Bidan Indonesia (IBI), Persatuan Ahli Teknologi Laboratorium Medik Indonesia (PATELKI) serta Ikatan Apoteker Indonesia (IAI).

Adib merincikan daftar tenaga kesehatan dan medis yang meninggal, yaitu 237 dokter dan 15 dokter gigi, 171 perawat, 64 bidan. Lalu ada tujuh apoteker, 10 tenaga lab medik.

Khusus dokter yang wafat tersebut terdiri dari 131 dokter umum (empat guru besar), dan 101 dokter spesialis (sembilan guru besar), serta lima residen.

“Keseluruhannya berasal dari 25 IDI wilayah (provinsi) dan 102 IDI Cabang (Kota/Kabupaten),” ungkapnya.

Menurut Adib, kasus meninggalnya tenaga medis dan kesehatan di Indonesia ternyata paling tinggi di Asia. Sementara untuk dunia Indonesia masuk dalam lima besar. Bahkan, sepanjang Desember 2020 tercatat 52 dokter meninggal akibat COVID.

“Angka ini naik hingga lima kali lipat dari awal pandemi,” kata Adib.

Dikatakannya, kenaikan jumlah kematian tenaga medis dan tenaga kesehatan ini merupakan salah satu dampak dari meningkatnya aktivitas dan mobilitas masyarakat yang berujung peningkatan kasus COVID.

“Vaksin dan vaksinasi adalah upaya yang bersifat preventif dan bukan kuratif. Meski sudah ada vaksin dan sudah melakukan vaksinasi, kami mengimbau agar masyarakat tetap menjalankan protokol kesehatan dengan ketat karena risiko penularan saat ini berada pada titik tertinggi,” jelasnya.

Untuk itu, Ketua Bidang Penanganan Kesehatan Satuan Tugas (Satgas) COVID-19 Nasional Alexander K. Ginting mengaku prihatin dan turut berdukacita.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan