Petugas Awasi Kerumunan Objek Wisata

BANDUNG – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jawa Barat (Jabar) mencatat ada 11 daerah yang destinasi wisatanya menjadi favorit wisatawan selama libur panjang natal dan tahun baru 2021.

Kepala Disparbud Jabar, Dedi Taufik menyatakan, pengetesan Covid-19 tetap dilakukan bekerja sama dengan pengelola industri dan pemerintah setempat.

Dedi mengatakan, tiga daerah teratas yang menjadi sasaran wisatawan adalah Kabupaten Bandung Barat dengan 14 titik destinasi wisata, Bogor dan Kabupaten Garut masing-masing 11 titik destinasi wisata.

Selain itu, kata dia, Sukabumi dan Cirebon dengan 9 titik destinasi wisata, disusul Kabupaten Bandung dan Kabupaten Kuningan dengan 8 titik destinasi wisata, Cianjur dengan 6 titik destinasi wisata, Kabupaten Subang 4 destinasi wisata dan terakhir Kabupaten Ciamis.

“Ini berdasarkan data yang kami himpun, KBB paling diminati karena banyak destinasi wisata alam,” ujar Dedi baru-baru ini.

Dedi mengatakan, wilayah pantai di Kabupaten Pangandaran pun masuk dalam spot yang diminati wisatawan. Yakni, dengan 17 ribu orang yang datang per tanggal 24 Desember kemarin. “Data terbaru masih dalam proses,” katanya.

Menurut Dedi, semua destinasi tersebut diawasi dengan ketat. Semua protokol kesehatan diterapkan dengan disiplin. Tak hanya itu, fasilitas pendukung seperti hotel pun masuk dalam daftar pemantauan ketat.

Dedi pun meminta wisatawan dari dalam maupun luar daerah Jawa Barat yang ingin berlibur agar melengkapi diri dengan surat bebas Covid-19.

“Fasilitas rapid test antigen kami siapkan. Wisatawan dites secara acak. Ini juga sebagai antisipasi jika ada wisatawan yang terlanjur datang tapi tidak membawa surat lolos Covid-19,” paparnya.

Terkait hasil rapid test antigen di tempat wisata, Dedi mengatakan datanya masih dihimpun, tapi jika ada yang reaktif, penanganan sesuai prosedur sudah disiapkan. “Seperti swab tes atau isolasi dan lain sebagainya,” pungkasnya.

Di tempat berbeda, Tim Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Majalengka kembali membubarkan pengunjung yang tengah asyik bermain dan berenang di kolam renang Tohaga yang bertempat di Desa Burujul Kulon, Kecamatan Jatiwangi, Majalengka.

Awalnya, tim satgas menerima laporan dari warga, bahwa ada tempat wisata yang masih beroperasi di tengah pelaksanaan edaran Bupati Majalengka terkait pelarangan tempat wisata untuk beroperasi sampai adanya trend penurunan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Majalengka.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan