Antisipasi Rayakan Tahun Baru, Lokasi Wisata Camping Ground Tutup

RANCABALI – Untuk menekan angka penyebaran Covid-19, salah satu lokasi wisata favorit di Rancabali, Kabupaten Bandung, Camping Ground Rancaupas akan ditutup sementara mulai 30 Desember 2020 hingga 1 Januari 2021 mendatang.

Penutupan sementara lokasi wisata tersebut dampak dari, adanya sorotan terhadap tempat-tempat yang disinyalir kerap dilaksanakan pesta perayaan menyambut tahun baru. Selain tempat wisata, hotel dan restoran juga turut menjadi tempat yang banyak disoroti.

Cluster Manager Usaha Wisata Perhutani Ciwidey, Trisna Mulyana mengungkapkan, keputusan untuk melakukan penutupan sementara camping ground tersebut bukanlah hal yang mudah. Namun, kata dia, dengan mempertimbangkan berbagai hal terutama dengan adanya maklumat dari Kapolri dan Surat Edaran dari Gubernur Jawa Barat serta Bupati Bandung maka keputusan tersebut, harus diambil pihak manajemen KBM Eco Tourism Perum Perhutani Jawa Barat dan Banten.

“Ini memang keputusan berat bagi kami, tapi pertimbangannya demi keamanan, juga sebagai usaha kami untuk memotong agar tidak terjadi klaster Covid-19 baru di dunia wisata,” ungkapnya, Minggu ( 27/12).

Menurut dia, penyebaran Covid-19 masih terus meningkat, karena itu pemerintah mengimbau masyarakat agar tidak melakukan perayaan natal dan tahun baru 2021. Walau bagaimana pun, lanjut dia, keamanan dan imbauan dari pemerintah itu menjadi skala prioritas yang harus diutamakan.

“Pertimbangan kami juga bahwa setiap tahun baru juga selalu ada kegiatan-kegiatan yang membuat berkumpulnya orang tanpa terkendali, kemudian ada peluang untuk mengadakan pesta kembang api di beberapa lokasi. Nah, itu yang kami pertimbangkan,” imbuhnya.

Dia menjelaskan, pihak manajemen hanya akan menutup lokasi camping ground, sementara untuk wisata harian pada siang hari seperti tempat bermain games, kuda, panahan, kolam renang air panas dan berbagai atraksi lainnya masih tetap dibuka dan bisa dinikmati para wisatawan.

“Untuk wisata harian seperti kunjungan wisata pada siang hari tetap dibuka dari jam 07.00-18.00 WIB, yang kita tutup adalah kunjungan untuk kemping di Rancaupas,” paparnya.

Dia  mengimbau kepada masyarakat yang memang ingin berkunjung ke Rancaupas tidak perlu khawatir, karena masih bisa berkunjung siang hari dan menikmati berbagai wahana dan atraksi seperti biasanya, kecuali untuk berkemah.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan