NasDem Jabar Kuasai Empat Wilayah Dalam Pilkada

BANDUNG – Berdasarkan hasil hitung cepat (quick count) yang dilakukan DPW Partai Nasional Demokrat (NasDem) Jawa Barat (Jabar), empat pasangan calon kepala daerah yang diusung partai tersebut meraih kemenangan. Di antaranya, Kabupaten Bandung, Kabupaten Karawang, Kabupaten Indramayu, dan Kabupaten Cianjur.

“Dari data yang masuk sekitar 90 persen, calon yang diusung oleh Partai NasDem meraih kemenangan, walaupun kita masih menunggu hasil resmi dari KPU (Komisi Pemilihan Umum),” ujar Ketua DPW Partai NasDem Jabar Saan Mustopa, di Sekretariat DPW Partai NasDem Jabar, Rabu (9/12).

Salah satu pasangan calon yang diusung NasDem adalah Dadang Supriatna-Sahrul Gunawan yang bertarung di Pemilihan Bupati Bandung 2020. Berdasarkan hitung cepat yang dilakukan pasangan nomor urut tiga tersebut meraih suara sekitar 54 persen.

“Sementara di Indramayu kita unggul dengan 37 persen, lalu di Cianjur 57 persen. Sementara di Karawang kita unggul hampir di angka 61 persen. Untuk empat daerah lainnya masih dalam proses, dan kita masih menunggu hasilnya,” sebut Saan.

Saan tidak menyangkal penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah Serentak 2020 di tengah pandemi Covid-19 bukan perkara yang mudah, dan mendapat banyak sorotan publik. Apalagi ada kekhawatiran penyelenggaraan pilkada dapat menjadi klaster baru penyebaran Covid-19. “Penyelenggaraan pilkada sempat ditunda, yang seharusnya September menjadi Desember. Itu karena kita mempertimbangkan keselamatan dan kesehatan masyarakat. Melihat tingkat partisipasi masyarakat yang mencapai 70 persen, hal ini merupakan sesuatu yang baik,” ucap Wakil Ketua Komisi II DPR RI ini.

Saan mengaku senang dengan kepatuhan masyarakat atas protokol kesehatan saat memberikan hak pilih mereka. Bahkan, dia mengungkap, bila masyarakat yang datang ke tempat pemilihan suara (TPS) tidak saling berbarengan. Petugas penyelenggara pemilu pun membekali diri mereka dengan alat pelindung diri (APD) yang lengkap.

“Tingkat kepatuhan masyarakat sangat tinggi terhadap protokol kesehatan. Mereka pun saat ke TPS datang secara bergelombang, bukan berbarengan dan telah diatur waktunya,” terang dia.

Saan berharap, para calon kepala daerah yang diusung oleh NasDem dan memenangkan konstetasi Pilkada Serentak 2020, bisa membawa kemaslahatan dan kebaikan bagi masyarakat.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan