Januari 2021, Kuliah Sudah Boleh Tatap Muka

“Satgas covid internal campus fungsinya untuk memonitor. Jika ada pelanggaran pasti akan disetop,” kata Agus.

Selain itu, kata Agus, kampus juga harus mempersiapkan ruang kelas yang hanya boleh diisi setengah dari kapasitas. Jika pihak kampus tetap melakukan pembukaan kuliah tatap muka, maka model apakah yang akan dipakai.

“Simulasi dulu misal 100 datang 200 masih daring. Yang datang kita lihat berjarak, ruangan diisi 50 persen ini kan fasilitas begini tidak mudah,” ujarnya.

Menurut Agus, tidak semua kampus di Jakarta mampu membuka perkuliahan tatap muka secara bersamaan. Sebab, tingkat kemampuan dan kesiapan kampus berbeda-beda.

“Kita survei tingkat kesiapannya sampai di mana. Jadi bukan tidak mungkin ada yang mundur juga dari Januari nantinya,” imbuhnya.

Agus menyebutkan, bahwa ada kemungkinan Perguruan tinggi politeknik akan menjadi priortas pemberian izin dalam membuka kulai tatap muka. “Prioritas yang banyak praktik, misal politeknik,” ujarnya.

Agus melihat, bahwa kegiatan praktikum diberikan prioritas karena memiliki tingkat kesulitan lebih saat dijalankan secara daring. Namun, tetap pembukaan itu harus memperhatikan protokol kesehatan dan kesiapan kampus.

“Tingkat persiapannya itu benar-benar harus maksimal. Contoh di kampus sudah cukup apa enggak fasilitas cuci tangannya, hand sanitizer-nya itu bukan hal yang mudah,” pungkasnya. (der/zul/fin)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan