oleh

Perlu Satgas COVID-19 di Sekolah

JAKARTA – Ketua DPD RI La Nyalla Mahmud Mattalitti meminta agar ada Satgas Penanganan COVID-19 di lingkup sekolah. Ini perlu dilakukan menjelang dibukanya kembali sistem pembelajaran tatap muka di ruang kelas.

“Wacana pembukaan sekolah di seluruh zona risiko corona harus dibarengi dengan persiapan yang matang. Jangan spekulasi dengan nasib anak-anak,” tegas La Nyalla di Jakarta, Minggu (22/11).

La Nyalla mengingatkan pemerintah daerah untuk membantu mempersiapkan infrastruktur protokol kesehatan di tiap-tiap sekolah di wilayahnya. Pihak sekolah juga diminta untuk melakukan antisipasi penyebaran virus corona sedetail mungkin.

Baca Juga:  Kulkas Side by Side Aqua Japan, Elegan, Canggih dengan Kapasitas Luas

“Untuk pembangunan sarana atau fasilitas demi menunjang protokol kesehatan, pemda harus terlibat. Tidak hanya untuk sekolah negeri. Tetapi seluruh sekolah yang ada di wilayahnya,” jelas La Nyalla.

Untuk pihak sekolah, lanjut senator asal Dapil Jawa Timur ini, selain menyiapkan sarana prasarana penunjang protokol kesehatan juga harus membentuk Satgas Covid-19 dengan bekerja sama melalui pihak Satgas COVID-19 daerah.

Dengan adanya Satgas COVID-19, sekolah bisa menerapkan protokol kesehatan yang diwajibkan dilakukan saat pembelajaran tatap muka dilakukan. Menurutnya disiplin 3M (Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak) wajib dilakukan.

Baca Juga:  Wabup Sahrul Bakal Maksimalkan Ruang Publik untuk Industri Kreatif

Selain itu, sistem shifting atau pembelajaran bergiliran seperti yang disyaratkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. “Dengan melibatkan Satgas COVID-19 daerah atau pihak luar sekolah, penerapan disiplin protokol kesehatan diharapkan bisa dilakukan dengan maksimal. Sehingga jika ada yang abai, Satgas COVID-19 bisa langsung mengingatkan,” papar La Nyalla.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga