Rp 33,1 M Untuk Siswa RPM

BANDUNG – Wali Kota Bandung, Oded M. Danial meminta bantuan keuangan bagi siswa Rawan Melanjutkan Pendidikan (RMP) tingkat SMA dan SMK swasta di Bandung segera disalurkan. Hal itu bisa membantu kesulitan sisawa lantaran dampak pandemi Covid-19.

Agar bisa segera melaksanakan permintaan Oded, maka Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bandung dan Disdik Jawa Barat melakukan pendatanganan Memorandum of Understanding (MoU) sebagai landasan regulasi bagi Pemkot Bandung untuk menyerahkan bantuan tersebut.

Total bantuan keuangan yang dititipkan Pemkot Bandung kepada Disdik Jabar senilai Rp33,1 miliar.

Alhamdulillah, hari ini penandatangan MoU dalam hal penyerahan bantuan keuangan untuk siswa RMP di Kota Bandung,” terang Oded, usai penandatanganan kerja sama di Pendopo Kota Bandung, Jumat (20/11).

Menurutnya, penandatanganan kerjasama ini menjadi bagian dari upaya Pemkot untuk menjamin keamanan bantuan dari sisi regulasi. Sehingga pemberian bantuan keuangan tak sampai berbuntut pada masalah lantaran ada yang kurang sesuai dengan aturan.

”Alhamdulillah, kita diskusikan dan konsultasikan ke berbagai institusi semacam kementerian dan lainnya, dan sekarang sudah selesai. Hari ini MoU sudah ditandatangan dan mudah-mudahan cepat tersalurkan,” harapnya.

Dia menyebutkan, masing-masing siswa RMP bakal mendapatkan bantuan senilai Rp 2 juta. Jumlah penerimanya sebanyak 4.515 orang siswa di 71 SMA Swasta dan 12.038 siswa tersebar di 99 SMK Swasta di Kota Bandung.

”SD dan SMP itu karena bagian dari kewajiban Kota Bandung sudah selesai. Ini kan SMA dan SMK kewenangan ada di provinsi. Maka kita kerja sama dengan provinsi,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pembinaan SMA Disdik Jawa Barat, Yesa Sarwedi sangat mengapresiasi keseriusan Pemkot Bandung dalam memrores bantuan keuangan bagi siswa RMK.

Menurutnya, Bandung menjadi daerah pertama dan satu-satunya di Jawa Barat yang ikut memberikan bantuan bagi siswa RMP di tingkat SMA dan SMK swasta.

”RMP itu kurang lebih 20 persen ada di Kota Bandung. Tapi kita berterima kasih kepada Kota Bandung yang sudah mulai membantu RMP siswa SMA dan SMK,” ujarnya.

Dia pun berharap, kabupaten/kota lain bisa mengikuti langkah yang diambil Kota Bandung terkait bantuan ini.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan