Awas! Bencana Mengintai, Sejumlah Wilayah di Cianjur Selatan Dilanda Banjir dan Longsor

“Kami terus melakukan ass­esment dibantu para relawan bencana yang sudah turun ke lokasi dimana dilaporkan terjadi bencana hidrologi,” katanya, kemarin (1/11).

Pantauan sepekan ini hujan lebat terus mengguyur ka­wasan Cianjur, hujan turun mulai siang menjelang sore hari bahkan sampai malam hari.

Sementara itu hujan de­ras yang mengguyur pada akhir pekan ini kembali menyebabkan bencana hi­drologi banjir dan longsor di beberapa titik.

Sebanyak 14 rumah men­galami kerusakan akibat longsor di Desa Kertamukti Kecamatan Sindangbarang.

Selain merusak rumah ben­cana longsor juga menimpa jalur Cipunaga Citales seh­ingga jalan Desa Kertamukti tak bisa dilalui.

Di desa lainnya hujan yang mengguyur kawasan Cianjur Selatan ini juga menyebab­kan banjir dan longsor di Desa Kertasari. Hujan yang menyebabkan banjir rata-rata turun sejak siang pukul 14.00 Wib.

Di Desa ini banjir melanda Kampung Cisayang yang dis­ebabkan meluapnya Sungai Ciogong. Sebanyak 20 rumah penduduk di kampung terse­but sempat terendam.

“Hujan deras turun dari jam 14.00 Wib, setiap hari sekarang hujan. Sebanyak 20 rumah di Kampung Cisayang Desa kertasari sempat teren­dam. Waktu sore kemarin itu ketinggian air sampai dagu pria dewasa,”ujar Endang Sopandi(45) salah seorang tokoh pemuda Desa Ker­tasari.

Endang mengatakan, ben­cana yang melanda desa kelahirannya tak hanya seka­dar banjir. Ia mengatakan di Kampung juga terjadi juga bencana longsor yang menu­tup jalan desa.

“Kalau di Kampung Cibe­lendung itu terjadi longsor, ruas jalan desa di sana juga tertutup longsor,” ka­tanya.(yis/job3/sri)

Tinggalkan Balasan