Minggat

DF-17 itu tidak memerlukan pangkalan baru. Selama ini sudah ada tiga lokasi strategis di pantai yang menghadap Taiwan.

Yang di pantai dekat Ningbo untuk sasaran Taiwan Utara. Termasuk kota Taipei. Yang di pantai Fujian untuk sasaran Taiwan tengah. Sedang yang di pantai dekat Shantou untuk sasaran Taiwan Selatan.

Tempat pergelaran DF-17 itu sama dengan lokasi senjata-senjata lama sebelumnya. Kali ini senjatanya yang diperbarui.

Pergelaran DF-17 itu mengingatkan orang pada parade senjata tahun lalu. Yakni bertepatan dengan HUT Kemerdekaan ke-70 Tiongkok.

Di situlah untuk pertama kali DF-17 dipamerkan ke depan umum. Tidak saya sangka kalau semua itu sekarang dipasang di sepanjang pantai yang menghadap Taiwan.

Waktu parade itu berlangsung saya sengaja ke Beijing. Saya ingin tahu kebesaran parade HUT ke-70 itu. Yang sejak awal tahun sudah diumumkan sebagai parade yang sangat khusus.

Saya sudah beberapa kali berada di Beijing pada 1 Oktober seperti itu. Pernah juga menjadi tamu resmi yang duduk di panggung kehormatan. Tapi meriahnya acara memang tidak seperti tahun lalu.

Kalau pun Oktober ini berlalu tanpa kejutan, apakah tugas DF-17 selesai?

Pertanyaan itulah yang sekarang menimbulkan spekulasi besar. Adakah itu juga sekaligus sebagai persiapan mengembalikan Taiwan ke pangkuan ibu pertiwi secara kekerasan?

Kalau pun iya, kapan waktunya?

Ketika Trump menyatakan Amerika dalam keadaan darurat? Ketika di Amerika berlangsung pelantikan presiden baru?

Atau ternyata DF-17 itu duduk-duduk manis saja di pantai itu? (*)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan