Frisian Flag Indonesia dan Mendikbud Gencarkan ‘Gernus’ Tentang Pentingnya Asupan Gizi

JAKARTA – Pentingnya asupan gizi bagi anak usia sekolah harus menjadi prioritas para orang tua. PT Frisian Flag Indonesia (FFI) melalui gerakan nusantara (Gernus) dalam kegiatan Web Binar mencoba memberikan edukasi kepada masyarakat agar asupan gizi pada anak perlu ditingkatkan. Terlebih, di masa Oandemi Covid-19.

Acara yang bertajuk ‘Menjadi Orang Tua Tangguh di Era Adaptasi Kebiasaan Baru’ itu disikuti lebih dari 700 guru dan orang tua dari sekolah-sekolah dasar di wilayah DKI Jakarta.

Dalam situasi yang mengutamakan pertimbangan kesehatan dan keselamatan semua, dunia pendidikan menghadapi tantangan pelaksanaan kegiatan belajar dan mengajar bagi siswa, orangtua serta guru termasuk pendidikan gizi.

Literasi gizi semakin penting untuk dipelajari, dipahami dan diterapkan oleh siswa di sekolah sebagai bagian dari pola konsumsi pangan sehat dan gaya hidup aktif yang diperlukan bangsa Indonesia untuk melalui masa pandemi.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nadiem Anwar Makarim mengatakan, Gerakan Nusantara Program Edukasi Gizi sangat baik untuk dikembangkan.

’’Jadi orang tua memiliki peran sangat penting dalam proses pendidikan anak termasuk dalam penerapan pola hidup bersih dan sehat,’’jelas Nadim dalam kegiatan webinar Gerakan Nusantara (Gernus) yang diadakan PT Frisian Flag Indonesia (FFI).

Menurutnya, hikmah di masa pandemi adalah mengenalkan paradigma baru pendidikan yang lebih kolaboratif , kreatif dan inovatif. Sebab, peran orang tua pada masa pandemic ini masuk ke dalam komponen pendidikan.

’’Jadi orang tua, guru dan siswa berkolaborasi mencoba hal baru, banyak tanya, banyak coba dan banyak karya,’’kata dia.

Selain itu, sejak diluncurkan tahun 2013, Gernus terus memaksimalkan kontribusinya untuk meningkatkan kualitas pendidikan khususnya dalam hal literasi gizi kepada siswa-siswa sekolah dasar.

’’Gernus mengutamakan kegiatan-kegiatannya untuk mendukung Program Gizi Anak Sekolah (ProGAS) yang digagas Kemendikbud RI,’’ucap Nadiem.

Sementara itu, Direktur Pemberdayaan Masyarakat dan Pelaku Usaha BPOM RI, Dra. Dewi Prawitasari mengatakan, partisipasi aktif korporasi dalam meningkatkan kesadaran akan pola konsumsi pangan sehat dan  gaya hidup aktif sangat dibutuhkan.

’’BPOM RI memberikan penghargaan atas kerja sama korporasi sebagaimana inisiatif yang disampaikan oleh FFI untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang Kesehatan melalui sosialisasi keamanan pangan kepada anak-anak kita,’’kata dia.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan