Suara Pemekaran Subang Utara Menggeliat

SUBANG-Suara-suara pemekaran Kabu­paten Subang Utara terus bergeliat dalam beberapa pekan terakhir ini. Sebelumnya, Forum Pemekaran Pantura Subang (FP2S) getol beraudiensi dengan Anggota DPRD Subang baik formal maupun non formal. Kini, ramai ada anak muda yang mendatangi Ketua Partai NasDem Subang Eep Hidayat menagih janji soal deklarasi pemekaran Subang Utara 2018 lalu di Desa Kebondanas.

Terbaru, Ketua Partai Nasdem Subang, melakukan silaturahmi dengan Dr. Otong Rosadi, SH, M.Hum, tokoh Subang yang juga Rektor salah satu Univer­sitas di Padang, merespon kedatangan anak muda dari Pantura Subang. Dalam dialog di kediaman Akademisi Hukum Tata Negara itu, didiskusikan soal pentingnya pemekaran Kabupaten Subang Utara.

Banyak hal yang dibahas dalam dialog tersebut, namun sisi yang lebih mengemuka yakni pemekaran lebih mendekatkan warga pada akses pelayanan dari Pemda dan dari sisi anggaran pembangunan, akan meningkatkan anggaran kabupaten induk dan Daerah Otonom Baru (DOB), sehingga akan lebih meningkatkan kesejahteraan masyarakat pada kedua daerah.

Dalam keterangan yang diterima Pasundan Ekspres, Dr Otong Rosadi yang be­rasal dari Pamanukan men­berikan contoh kisah sukses daerah pemekaran di Su­matera Barat, tempatnya berdinas. “Ada daerah di Sumbar yang setelah dime­karkan itu bisa sukses, Sub­ang Utara juga bisa seperti itu,” kata Dr Otong.

Ia juga mengaku akan terus mendukung dan mendorong agar Subang Utara bisa mekar menjadi Kabupaten yang mandiri. “Saya siap mendukung dan mendorong pemekaran Subang Utara,” ucapnya

Sementara Mang Eep dengan mengambil con­toh Jawa Timur yang jauh lebih besar menyerap ang­garan pembangunan dari pemerintah, disebabkan jumlah kabupaten/kota yang jauh lebih banyak dari Jawa Barat. Walaupun jumlah penduduknya jauh lebih sedikit.

“Namun kita perlu melakukan diskusi leb­ih lebar yang melibatkan masyarakat Kabupaten Subang bagian utara den­gan masyarakat Kabupaten Subang secara keseluruhan, termasuk masyarakat yang berada di Kabupaten Sub­ang bagian selatan. Jangan sampai ada anggapan bah­wa pemekaran hanya akan meningkatkan Kabupaten Subang Utara, padahal jus­tru akan mensejahterakan masyarakat secara keselu­ruhan,” tambahnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan