Delapan Kandidat Berebut Kursi Ketua DPD Golkar Sumedang

SUMEDANG – Geliat Pertarungan menuju kursi Ketua DPD Gol­kar Kabupaten Sumedang kian nampak. Hingga kemarin, tercatat delapan bakal calon ketua telah mengambil for­mulir pendaftaran di Kantor DPD Golkar, Jalan Pangeran Kornel.

Mereka, yakni Sonia Sugian, Anyeu Widuri, Sidik Jafar, Rully Krisna Peryoga, Deden Yayan Rusyanto, Jajang Hery­ana, Yogi Yaman Santosa dan Amin Muhyidin.

”Alhamdulillah sudah ada delapan bakal calon yang mengambil formulir pendafta­ran,” kata Ifan Yudhi Wibowo, ketua Steering Comeete (SC) Musda X Partai Golkar Sumedang kepada Sumeks di kantor DPD Golkar, Kamis (20/8).

Kata dia, hari ini dan Sab­tu (21-22/8), panitia memin­ta para bakal calon, mengem­balikan formulir pendaftaran beserta sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi. Sebab, pihaknya akan melakukan verifikasi pada hari berikutnya, Minggu, Senin dan Selasa.

”Beberapa persyararat yang harus dipenuhi, di antaranya mereka adalah anggota Partai Golkar dan pernah menjadi pengurus sekurang-kurangnya selama lima tahun,” kata dia.

Bahkan, secara lengkap su­dah tertuang di dalam Juklak Juknis Partai Nomor 02 Tahun 2020. ”Ada standar khusus, di mana Musda ini akan dilaks­anakan sesuai dengan amanat partai, yang dicantumkan di dalam Anggaran Dasar Ang­garan Rumah Tangga (AD/ ART), peraturan organisasi dan Juklak Juknis yang ada di partai,” paparnya.

Disebutkan, pelaksanaan Musyawarah Daerah (Musda) X partai berlambang pohon beringin itu, pada 27 Agustus 2020 mendatang, di Hotel Plaza Asia Sumedang.

”Secara teknis, pemilihan ketua akan dilakukan secara musyawarah mufakat, kalau memang mereka (peserta musyawarah) menginginkan one man one vote, ya kita akan laksanakan,” ujarnya.

Tetapi, lanjut Ifan, ada satu hal. Ketika salah seorang calon ketua memenuhi syarat du­kungan lebih atau dengan kata lain 50 persen plus 1, maka se­cara otomatis, calon itulah yang akan menduduki kursi Ketua DPD Partai Golkar Sumedang periode 2020 – 2025. (nur)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan