oleh

Belum Tersentuh Bansos, Penyandang Disabilitas Terabaikan

JAKARTA – Dampak Pandemi  Covid-19 berimbas pada siapa saja, termasuk penyandang disabilitas.  Wakil Ketua Fraksi PKS DPR RI, Netty Prasetiyani Aher meminta pemerintah menjamin kehidupan warga negara dengan disabilitas.

Menurutnya, selama ini negara belum memperhatikan hak penyandang disabilitas di masa pandemi ini. Mereka belum mendapatkan paket  bansos  maupun  jaring pengaman sosial lainnya.

’’Seharusnya mereka diprioritaskan mendapat dukungan, mengingat keterbatasan kondisi fisiknya. Sayang sekali, kebijakan inklusif  negara masih sebatas retorika.  Pemerintah lalai  memperhatikan mereka,” ungkap Netty sebagaimana rilis yang diterima Jabar Ekspres, Minggu (16/8).

Baca Juga:  Harus Suandharu Mengajakan Kader PKS Selalu Semangat Seperti Pejuang Palestina

Dia menilai, hingga hari ini kelompok disabilitas masih kesulitan mendapatkan akses pekerjaan, kesehatan dan kepesertaan Kartu Indonesia Sehat (KIS).

Sebab, ketika reses lalu, pihaknya mendengarkan keluhan dan aspirasinya. Mereka mengeluhkan masih belum mendapatkan jaminan kesehatan, pendidikan, layanan kependudukan dan kesejahteraan.

’’Karena terlalu sulit, kadang mereka pasrah dan memilih untuk berjuang sendiri dan berkelompok. Selain itu, stigma buruk terhadap penyandang disabilitas dan keluarganya masih diterima baik dalam interaksi sosial di masyarakat maupun di dunia kerja,”  papar aleg dapil Jabar VIII ini.

Baca Juga:  Harus Suandharu Mengajakan Kader PKS Selalu Semangat Seperti Pejuang Palestina

Badan Pusat Statistik pada 2019 mencatat jumlah penyandang disabilitas di Indonesia mencapai 34 juta jiwa. Sebagian besar mereka bekerja di sektor informal, baik perdagangan maupun jasa.

Baca Juga


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

Baca Juga