Bikin Kejutan, Rider KTM Brad Binder Raih Podium

JAKARTA – Di luar dugaan Brad Binder membuat kejutan dengan meraih kemenangan perdananya di kelas premier setelah menjuarai Grand Prix Republik Ceko di Sirkuit Brno, Minggu (9/8). Pebalap KTM itu finis 5,266 detik di depan Franco Morbidelli, dan mampu menghempaskan Valentino Rossi yang mampu finis P5 setelah hasil kualifikasi mengharuskan ia start dari P10.

Ya, runner-up Moto2 tahun lalu itu mampu melakukan selebrasi di podium teratas MotoGP sekaligus mempersembahkan kemenangan pertama untuk tim KTM Factory Racing sejak debut di MotoGP pada 2017. Binder tampil sempurna bersama Franco Morbidelli, yang juga naik podium untuk pertama kalinya di MotoGP.

Sementara itu, Johann Zarco, yang start dari pole position, melengkapi podium hari itu di peringkat tiga, demikian laman resmi MotoGP. Lomba sepanjang 21 putaran itu minim drama ketika start. Morbidelli dari P3 melakukan start yang baik dan mengambil alih pimpinan lomba dari pole sitter Johann Zarco sejak awal lomba dan langsung melesat meninggalkan lawan-lawannya.

Binder yang start dari P7 menjaga ritmenya untuk menyiapkan serangan dan di lap kesembilan ia mampu menyalip pemuncak klasemen Fabio Quartararo untuk berada di P2. Tak lama kemudian Pol Espargaro juga sempat menyerang dan melewati sang pebalap Yamaha bernomor 20 itu kendati akhirnya melebar.

Espargaro berusaha menyerang kembali Quartararo namun sang pebalap KTM sepertinya tidak melihat Zarco yang berusaha menyalip dari sisi dalam hingga keduanya bersenggolan. Seketika Espargaro terlempar ke gravel dan keluar dari lomba. Sepuluh lap tersisa Binder memangkas jaraknya dengan pimpinan lomba menjadi 0,2 detik.

Zarco dijatuhi penalti long lap setelah insiden senggolan dengan Espargaro. Setelah menjalani hukumannya, Zarco masih mampu mempertahankan posisinya kendati jaraknya semakin dekat dengan Quartararo yang mengancam di belakangnya. Kru Ducati di garasi tampak tidak senang dengan keputusan itu karena Zarco memiliki peluang bertarung untuk podium teratas.

Di lap terakhir, Zarco mendapati Alex Rins yang berusaha mencuri podium, namun dengan dua tikungan tersisa Zarco mampu bertahan hingga menyentuh finis lebih dulu dari pebalap tim Suzuki Ecstar itu.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan