Hari Pertama Operasi Patuh Lodaya, Satlantas Bagikan Masker

SOREANG – Petugas kepolisian dari Satlantas Polresta Bandung membagikan masker kepada pengendara motor yang tidak dimenggunakan masker. Pembagian masker tersebut berbarengan dengan digelarnya Operasi Patuh Lodaya 2020 yang dilaksanakan mulai 23 Juli hingga 5 Agustus 2020, di perempatan Jalan Al Fathu Soreang.

Kanit Patwal Polresta Bandung AKP Tahir Muhidin mengungkapkan, kegiatan ini merupakan sosialisasi kepada para pengendara bahwa mulai hari ini akan dilaksanakan operasi patuh lodaya 2020. Nantinya, pelaksanaan akan digelar dua kali dalam sehari yaitu pagi dan sore hari.

Di hari pertama ini, lanjut Tahir, pihaknya melakukan langkah preventif dengan melakukan sosialisasi kembali terkait penggunaan ruang henti khusus (RHK) di perempatan Al-Fathu dan pembagian masker kepada masyarakat agar mereka tetap menjaga protokol kesehatan meskipun berada di perjalanan.

”Hari ini kita membagikan sebanyak 400 masker kepada pengguna jalan, baik roda dua ataupun roda empat, selain itu kita terus mengimbau kepada mereka agar mempergunakan garis-garis RHK yang sudah dibuat di setiap perempatan lampu merah, mereka terutama yang pakai roda dua itu harus mematuhinya,” ungkap Tahir saat di wawancara usai kegiatan, Kamis (23/7).

Menurutnya, sejauh ini kedisiplinan masyarakat menggunakan RHK sendiri sudah cukup baik.

”Memang masih perlu ditingkatkan dan diingatkan kembali pelaksanaannya,” ujarnya.

Dia menjelaskan, untuk operasi patuh lodaya 2020 ini, ada dua jenis pelanggaran yang sangat tinggi di Kabupaten Bandung diantaranya kurangnya kesadaran penggunaan helm dan pengendara yang melawan arus.

”Kami akan fokus pada dua pelanggaran, yakni pelanggar tak menggunakan helm dan melawan arus, pasalnya dari data tahun 2019 dua pelanggar itu yang paling tinggi terjadi di wilayah hukum Polresta Bandung,” pungkasnya. (yul/ziz)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan