Kembali ke Zona Kuning, Wali Kota Cimahi Minta Warga Tetap Disiplin Terapkan Protokol Kesehatan

CIMAHI – Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi mengingatkan kepada masyarakat untuk tetap waspada pada penyebaran Covid-19 dengan menerapkan protokol kesehatan.

Wali Kota Cimahi, Ajay Muhammad Priatna mengatakan,status Kota Cimahi naik lagi ke zona kuning dimana penambahan kasus terus terjadi. Total sampai hari ini, Senin (6/7/2020), kasus konfirmasi positif Covid-19 mencapai 108 orang atau bertambah tiga dari hari sebelumnya.

“Kita ini dari biru menjadi kuning. Faktanya kita nambah biarpun. Itu yang merubah status kita. Kedua faktanya memang ada yang meninggal juga,” kata Ajay saat ditemui, Senin (6/7/).

Kabar baiknya, angka kesembuhan dari virus korona pun ikut bertambah. Hingga hari ini tercatat sudah ada 70 orang yang sembuh. Bertambah empat orang dari hari sebelumnya.

Sementara yang meninggal empat orang, dan yang masih positif aktif atau yang masih menjalain perawatan tersisa 34 orang. Orang yang terkonfirmasi positif aktif itu ada yang dirawat di rumah sakit dan menjalani isolasi mandiri di rumahnya masing-masing.

Ajay mengatakan, pihaknya saat ini tengah membahas cara untuk membuat masyarakat tetap patuh terhadap protocol kesehatan. Seperti tetap mengenakan masker, mencuci tangan dan tetap jaga jarak hingga menghindari kerumunan.

Sebab menurut Ajay, aktifitas masyarakat di Kota Cimahi saat ini seolah terlihat sudah tidak ada pandemi. Apalagi sejak dihentikannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), dan diganti dengan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB).

“Lagi dirapatin salah satunya bagaimana mengimbangi aktifitas masyarakat yang memang begitu melupakan. Seakan-akan PSBB berakhir pandemi juga berakhir,” jelas Ajay.

Contoh terdekat, ungkap Ajay, adanya keramaian di area yang biasanya dijadikan tempat Car Free Day yakni di Jalan Rd. Demang Hardjakusumah. Padahal, tegas Ajay, pihaknya belum mengizinkan lokasi tersebut dibuka untuk kegiatan keramaian.

“Saya sudah perintahkan Satpol untuk membersihkan karena banyak PKL berjamur. Minggu depan gak akan terulang lagi karena taku jadi kluster baru,” tandas Ajay.

Terpisah, Dinas Kesehatan Kota Cimahi Chanifah Listyarini menambahkan, setiap harinya memang data terus mengalami perubahan. “Setiap hari ada perubahan data, baik yang positif aktif dan yang positif sembuh. Hari ini yang sembuh bertambah empat dan yang positif aktif bertambah tiga orang,” ungkap Chanifah.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan