Dua Anak asal Cililin Sembuh Covid-19 Wajib Isolasi Mandiri Selama 14 Hari

CILILIN – Dua orang anak kecil warga Desa Batujajar, Kecamatan Batujajar, Kabupaten Bandung Barat, yang sembuh dari Corona Virus Disease atau Covid-19 dan boleh pulang tetap harus menjalani isolasi selama 14 hari.

Dua anak berusia 7 dan 4 tahun tersebut menjalani perawatan di RSUD Cililin, sejak awal April lalu hingga akhirnya dinyatakan sembuh setelah menjalani perawatan selama tiga bulan.

Keduanya dirawat bersama ibu, nenek, dan kakaknya yang berusia 12 tahun. Sekeluarga itu terpapar Covid-19 dari suami sang ibu yang masuk klaster Seminar Keagamaan Lembang akhir Maret lalu.

Salah seorang dokter yang merawat dua pasien tersebut, drg Tioasi Harauli, mengatakan keduanya harus menjalani isolasi di rumahnya selama 14 hari dengan pengawasan dari Puskesmas dan Dinas Kesehatan KBB.

“Memang protokolnya tetap harus menjalani isolasi dulu selama 14 hari untuk meminimalisir penularan lagi. Nanti dipantau oleh Dinkes dan Puskesmas,” ungkap Tioasi saat dihubungi, Kamis (18/6).

Keduanya pulang pada Rabu (17/6) siang, dijemput oleh ayahnya yang juga dinyatakan sembuh dari Covid-19 setelah menjalani perawatan di RSHS lalu pindah ke BPSDM Provinsi Jabar sejak akhir Maret.

“Kemarin kita antar kepulangan mereka, terharu juga melihat anak-anak itu lari menyambut ayahnya, karena terpisah 3 bulan lebih,” bebernya.

Selama menjalani perawatan, kedua anak itu mendapatkan perawatan maksimal dari dokter yang menangani terutama soal gizi dan vitamin. Sementara untuk hiburan, pihak rumah sakit memfasilitasi mainan untuk anak-anak tersebut.

“Perawatannya minimal kontak, karena semua yang positif tidak ada gejala sama sekali. Kami tempatkan mereka di satu ruangan dalam sekat khusus, jadi tetap bisa melakukan aktivitas mandiri dan berinteraksi. Ditunjang dengan pemberian vitamin dan makanan bergizi baik,” jelasnya.

Saat ini nenek, ibu, dan anak tertua masih mesti menjalani perawatan namun kondisi kesehatannya sudah jauh membaik. Mereka sebentar lagi juga diperbolehkan pulang namun masih menunggu hasil swab testnya keluar.

“Saat ini sisa tiga orang lagi, masih positif tapi kondisi kesehatannya baik. Mudah-mudahan sebentar lagi bisa menyusul suami dan anaknya, tinggal menunggu hasil swab test terakhir,” tandasnya. (mg6/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan