Paket Sembako Segera Didistribusikan Pemkot Cimahi

CIMAHI – Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi segera mendistribusikan bantuan Jaring Pengaman Sosial (JPS) yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Cimahi. Bantuan tersebut sudah dikemas dan akan didistribusikan kepada warga terdampak ekoniminya karena virus korona atau Covid-19.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Sosial Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DinsosP2KBP3A) Kota Cimahi, Fitriani Manan mengatakan, pendistribusian bisa kemungkinan akan dilakukan setelah bantuan dari pusat dan Pemprov Jabar selesai.

“Iya (setelah bantuan pusat dan Pemprov Jabar. Tapi mungkin juga bersamaan. Untuk Bangub (Bantuan Gubernur) Insya Alloh besok,” kata Fitriani saat ditemui, Rabu (14/5).

Ada dua jenis paket yang disiapkan Pemkot Cimahi khusus warga yang terdampak Covid-19 dan belum mendapatkan bantuan baik dari pemerintah pusat maupun Pemprov Jabar.

Pertama paket senilai Rp 350 ribu yang berisi beras 20 kilogram (kg) dan 1 dus mie instan. Paket tersebut akan didistribusikan terhadap 20 ribu penerima. “Jadi kita datanya 20 ribu, tapi kita punya cadangan karena kita menyiapkan 31 ribu paket,” terang Fitriani.

Kemudian, pihaknya juga menyiapkan paket bantuan senilai Rp 150 ribu yang berisi 10 kg beras dan 14 bungkus mie instan. Bantuan tersebut merupakan penyetaraan bagi keluarga penerima Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dari pemerintah pusat.

“Kita juga menyiapkan 16.123 (penerima) untuk yang 10 kg sama mie instan 14 bungkus. Tapi rencananya mau ditambah 7.997 (penerima) karena ada data baru bahwa ada perluasan sembako,” jelasnya.

Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kota Cimahi, Supendi Heriyadi mengatakan, untuk memenuhi kebutuhan beras paket bantuan tersebut, pihaknya menyediakan sekitar 600 ton yang dibeli dari Badan Urusan Logistik (Bulog). Beras tersebut sudah dikemas sesuai peruntukan, yakni 20 kg dan 10 kg.

“Kalau diminta oleh Dinsos itu sekitar 600 ron kurang lebih untuk sementara ini, tapi kita persiapannya lebih. Untuk tahap pertama,” katanya.

Ditegaskan Supendi, beras yang disiapkan pihaknya untuk kebutuhan bantuan bagi masyarakat memiliki kualitas yang bagus. “Kualitas bagus, yang premium,” ucapnya.

Terpisah, Kepala Dinas Perdagangan Koperasi UMKM dan Perindustrian Kota Cimahi, Adet Chandra Purnama menungkapkan, pihaknya sudah menyiapkan sekitar 36.511 dus mie instan untuk bantuan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan