Gedung P4TK IPA dan P4TK TK-PLB Dijadikan Rumah Singgah Tenaga Medis

BANDUNG – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung bekerja sama dengan Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan (P4TK) Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), serta Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Taman Kanak-kanak dan Pendidikan Luar Biasa (P4TK TK-PLB)  dalam penyediaan rumah singgah bagi tenaga medis.

Saat ini, rumah singgah yang terletak di  Jalan Diponegoro dan Jalan Dokter Cipto tersebut sudah bisa digunakan oleh para tenaga medis yang berada di Kota Bandung.

Kerja sama tersebut diresmikan pada Selasa (21/4) di Pendopo Kota Bandung oleh Pemkot Bandung dengan P4TK IPA serta P4TK TK-PLB. Menurut Wali Kota Bandung, Oded M. Danial kerja sama ini merupakan kolaborasi antara Pemkot Bandung dan P4TK IPA serta P4TK TK-PLB dalam menghadapi virus Korona.

“Kerja sama ini juga menjadi bagian upaya-upaya optimal kita. Bantuan ruangan untuk transit bagi tenaga medis ini sudah bisa dipakai menginap,” ujar Oded kepada Jabar Ekspres, Selasa (21/4).

Lebih lanjut Oded berharap penanganan kasus Covid-19 khususnya di Kota Bandung bisa segera terselesaikan. Mengingat sejauh ini menurutnya terdapat 3000 kasus Orang Dalam Pemantauan serta 157 orang dinyatakan positif. Hal tersebut, menurutnya sangat menguras pikiran dan tenaga yang luar biasa.

Kepala P4TK IPA, Enang Ahmadi mengatakan pihaknya menerima arahan dari Kemendikbud guna turut andil dalam upaya pencegahan Covid-19.

“Di seluruh Indonesia, UPT Kemendikbud seperti Bandung, Cimahi dan lainnya memberikan dukungan penuh kepada Pemerintah Daerah dalam bentuk berbagai dukungan,” ujar Enang kepada Jabar Ekspres, Selasa (21/4).

Menurut Enang, adapun tujuan lain dari pengadaan kerja sama ini untuk memberikan dukungan dalam penyebaran informasi. Dia mengatakan telah melaksanakan bersama Camat Bandung Wetan. Kemudian upaya lainnya adalah pembagian hand sanitizer sebanyak 11.000 serta penyemprotan disinfektan.

Tak hanya itu, P4TK IPA juga berperan aktif membagikan masker untuk masyarakat, dengan memberdayakan pembuatan masker oleh UMKM di bawah binaan Ketua TP PKK Kota Bandung, Siti Muntamah.

“Dan bantuan sekarang ke Pemkot kami menyiapkan tempat singgah untuk para tenaga medis dengan kapasitas 176 kamar. Kami siapkan berbagai kebutuhan dari mulai wifi, tempat ibadah, yang dipastikan cukup lengkap agar para pejuang medis ini bisa merasa nyaman,” pungkasnya. (mg7/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan