oleh

Mahasiswa Semester Akhir Bebas Biaya

BANDUNG– Di tengah pan­demi Covid-19, Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung membebaskan biaya kuliah bagi mahasiswa semester akhir. Baik jenjang S1, S2 maupun S3. Tak hanya itu, Unpad juga secara resmi memperpanjang masa studi bagi mahasiswa tersebut. Ha­nya saja untuk mendapatkan bebas biaya kuliah, maha­siswa harus memenuhi per­syaratan yang sudah ditentu­kan oleh pihak kampus.

“Kebijakan ini untuk maha­siswa yang seharusnya lulus di semester berjalan, tetapi mendapat kendala terutama terhambat dampak wabah Covid-19, sehingga tidak da­pat menyelesaikan studi tepat waktu,” ujar Kepala Kantor Komunikasi Publik Dandi Supriadi, Selasa (20/4).

Dandi menjelaskan, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi mahasiswa itu agar bisa memperoleh kebijakan tersebut. Pertama, mahasiswa tahun terakhir yang sudah memasukkan mata kuliah tugas akhir seperti skripsi, tesis, disertasi, atau bentuk tugas akhir lainnya ke dalam kontrak perkuliahan.

“Usulan mengenai risetnya sudah mendapat persetujuan dari dosen pembimbing atau promotor setidaknya di awal semester ganjil ini,” jelasnya.

Kedua, lanjut Dandi, maha­siswa di tahun terakhir yang memenuhi syarat pertama, tetapi mengalami hambatan dalam pengerjaan dan penye­lesaian tugas akhirnya. Ham­batan yang dimaksud kata Dandi, dapat berupa kesulitan mencari data di lapangan karena adanya pembatasan akses, kesulitan melakukan pembimbingan jarak jauh di masa Work from Home (WFH).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.