SDN 247 Sukapura Utamakan Pendidikan Karakter

BANDUNG – Pendidikan karakter menjadi fokus tersendiri bagi banyak sekolah, salah satunya SDN 247 Sukapura. Terdapat berbagai gerakan dan pembiasaan yang dilakukan oleh sekolah ini guna membangun karakter peserta didik. Mulai dari Gerakan 5S, GPS, sampai Gerakan Sikat Gigi masal.

“Implementasi penanaman karakter yang diwujudkan dalam berbagai kegiatan pembelajaran dan pembiasaan, diantaranya  kegiatan Senyum, Sapa, Salam, Sopan dan Santun (5S), Sholat Dhuha Berjamaah, Gerakan Pungut Sampah (GPS), Gerakan 15 menit membaca buku non pelajaran sebelum pembelajaran dimulai, Gerakan Sikat Gigi Masal, Cuci tangan Pakai Sabun (CTPS), dan masih banyak lagi,” ujar Bidang Pelayanan Informasi dan Dokumentasi, Windy Andriyanti kepada Jabar Ekspres, Kamis (16/4).

Tak hanya menerapkan berbagai gerakan guna membangun krakter siswa, sekolah ini juga mengembangkan kurikulum yang berorientasi pada penyelenggaraan kegiatan pendidikan yang dipadukan dengan nilai-nilai budaya serta karakter bangsa. Menurut Windy, nilai-nilai ini meliputi sikap religius, , jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli sosial dan lingkungan, serta tanggung jawab.

“Nilai-nilai tersebut terintegrasi dalam seluruh kegiatan pendidikan sebagai budaya sekolah. Upaya ini dilakukan sebagai usaha preventif atas segala kemungkinan perubahan yang terjadi di lingkungan masyarakat, negara dan dunia global. Hal ini dimaksudkan agar lulusan peserta didik SD Negeri 247 Sukapura Kota Bandung dapat mempersiapkan diri menghadapi tantangan kehidupan sekarang dan yang akan datang tanpa melupakan identitas diri sebagai pribadi yang berbudaya dan berkarakter bangsa,” ungkapnya.

Sekolah yang sudah berdiri sejak 1977 ini memiliki visi Mewujudkan Peserta Didik yang Religius, Cerdas, Kreatif, Berbudi Luhur, Cinta Tanah Air, Menguasai IPTEK, Sehat dan Peduli Lingkungan. Saat ini, sekolah yang terletak di Jalan Manglayang I nomor 1 Kelurahan Palasari Kecamatan Cibiru, Kota Bandung dipimpin oleh Otoy Permana sejak Februari 2020.

SDN 247 Sukapura yang memiliki luas 1400 m2 ini juga tercatat pernah menoreh berbagai prestasi. Diantaranya Juara 1 sekolah Bandung Green School (2012), Juara 3 Lomba Sekolah Sehat (2013), Adiwiyata tingkat Kota Bandung (2013), Adiwiyata tingkat Provinsi (2014) sampai ke Adiwiyata tingkat Nasional (2015) sekolah berbudaya religi (2016). Tak hanya itu, sekolah ini juga tercatat menjadi Juara I Pembelajaran Berbasis STEM tingkat SD se-Kota Bandung yang diselenggarakan oleh salah satu SD swasta di Kota Bandung (2019).

Tinggalkan Balasan