Menpora: Jika Ditunda, Ideal PON Bulan Oktober 2021

JAKARTA – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menyebutkan bahwa munculnya opsi ditundanya PON 2020 ke Oktober 2021 merupakan usulan dari KONI Pusat dan KONI Daerah.

”Mengenai waktu yang pas untuk penudaan PON yang muncul bulan Oktober 2021 tersebut, merupakan usulan dari KONI Pusat dan KONI Daerah. Sebenarnya ada usulan juga dilakukan bulan Maret, tetapi kemudian ada pertimbangan bahwa bulan Maret itu anggaran di daerah belum semuanya keluar,” katanya, Rabu (15/4).

Menurutnya, agenda event olahraga sangat padat pada 2021. Oleh karena itu, dirinya menilai yang ideal, PON digelar Oktober 2021. ”Sementara Piala Dunia 2021 digelar bulan Mei-Juni, Agustus sudah ada Olimpiade 2021, kemudian September kalau jadi kita ada kegiatan besar yakni peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) 2021, November sudah ada SEA Games Vietnam, dan akhir tahun juga ada MotoGP,” jelasnya.

Hal itu juga berdasarkan ajuan KONI, mereka memilih bulan Oktober karena beralasan anggaran. ”Jadi itu adalah hasil diskusi bersama KONI Pusat, KONI Daerah termasuk PB PON sendiri yang sudah mengirimkan surat langsung. Namun, bulan Oktober tersebut juga tergantung dari kondisi covid-19. Apakah sudah selesai apa belum, kalau memang belum berarti kita juga belum bisa. Yang penting kita mempersiapkan itu semuanya dengan baik,” tuturnya.

Menpora juga meminta kepada masyarakat dan stakeholder olahraga Indonesia untuk bersabar terlebih dahulu mengenai waktu penundaan PON 2020. ”Insyaallah dalam waktu dekat ini akan secepatnya ada keputusan terkait waktu penundaan PON 2020 Papua nanti. Jadi semuanya saya harap bersabar,” tegasnya.

Lebih lanjut Menpora mengatakan, untuk mempersiapkan persiapan yang baik diperlukan komunikasi dengan semua stakeholder olahraga. Oleh karena itu, bersama Sesmenpora Gatot S Dewa Broto, dan Staf Khusus Bidang Pengembangan dan Prestasi Olahraga Mahfudin Nigara melakukan konfrensi pers lewat telekonfrensi.

Pada telekonfrensi tersebut Menpora menegaskan bahwa keputusan penundaan PON 2020 Papua akan menunggu hasil Rapat Terbatas dengan Presiden RI Joko Widodo.  Ia menyampaikan berdasarkan hasil rapat kerja dengan Komisi X DPR RI  (14/4) kemarin, terkait PON 2020 sudah diputuskan dalam poin hasil Raker.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan