oleh

Simak Nih! Tips Merawat Rantai Sepeda Motor

BANDUNG – Rantai sepeda motor berfungsi untuk meneruskan putaran dari mesin ke roda belakang sepeda motor sehingga sepeda motor dapat berjalan. Merawat dan menjaga kebersihan rantai roda sangatlah penting bagi setiap pengendara sepeda motor khususnya pada tipe Cub dan Sport.

Upaya perawatan dan kebersihan rantai roda maka perlu melakukan beberapa hal yang harus diperhatikan agar tetap aman dan nyaman saat berkendara. Lakukan pemeriksaan jarak main bebas rantai roda secara berkala, karena bisa saja terjadi rantai roda terlalu kendur atau malah terlalu kencang.

Baca Juga:  PHBS Kunci Atasi Covid-19

“Untuk jarak main bebas setiap motor berbeda-beda namun pada umumnya antara 20-30 mm hingga 25-35 mm. Disarankan pemeriksaaan dan penyetelan rantai roda dilakukan secara berkala,” buka Ade Rohman Asisten Manager Technical Service PT Daya Adicipta Motora.

Kondisi rantai yang kurang baik seperti rantai putus atau rantai lepas dapat menyebabkan beberapa resiko, salah satunya adalah kecelakaan. Untuk menjaga serta merawat agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca Juga:  PHBS Kunci Atasi Covid-19

Maka perlu melakukan beberapa tips merawat rantai roda. Di antaranya:

1. Selalu memberikan pelumas pada rantai roda tujuannya adalah agar tetap awet. Pelumas rantai roda ini berfungsi untuk melumasi rantai motor hingga ke celah mata rantai. Selain itu, pelumas juga membantu membersihkan rantai motor dari kotoran maupun debu yang menempel pada rantai.

Baca Juga


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Baca Juga