Ipal Belum Benar, Pabrik Obat Hewan PT Medion Terpaksa Saluran Limbahnya Dicor

KBB – Dansektor 9 Kolonel Inf Amir Mahmud bersama anggota Satgas Citarum Harum Sektor 9 mengecor saluran pembuangan limbah PT. Medion.

Pabrik tersebut memproduksi dan memasarkan produk farmasi, vitamin, vaksin untuk unggas yang berlokasi di Cimareme Kecamatan Ngamprah Kabupaten Bandung Barat.

’’Sudah diberikan peringatan tapi tidak diindahkan, dan sekarang ketahuan mencemari lingkungan makanya kita tindak,’’kata Amir dalam keterangan rilisnya, Jumat (19/03).

Berawal dari sidak ke PT. Medion Dansektor memeriksa saluran IPAL perusahaan tersebut dan menemukan kondisi air yang keruh.

Dia mengingatkan dan memberitahu pihak perusahaan agar kondisi airnya harus diperbaiki lagi kualitasnya. Sebab, jika langsung dibuang ke sungai maka kandungan Cod dan Bodnya tinggi.

Akan tetapi, Pihak perusahaan PT Medion merasa sudah benar dan bagus dengan kondisi seperti begitu. Sehingga, Satgas melakukan pengujian Chemical Oxygen Demand (COD) nya bersama-sama.

Dengan disaksikan oleh jajaran pihak perusahaan, Satgas Citarum Harum Sektor 9 dan media.

Dalam waktu tiga jam proses pengujian membuktikan kadar Codnya 422. Sehingga, tidak memnuhi standar baku mutu air.

’’Dia mengintruksikan kepada anggotanya untuk mengecor saluran pembuangan limbahnya yang sudah mencemari sungai,’’kata dia.

Dia menambahkan, beberapa bulan lalu sebetulnya pernah disidak, dan mengingatkan agar PT Medion memperbaiki IPAL nya.

’’Teguran dan himbauan dari saya tidak diindahkan, terpaksa saya tutup,’’tandas Amir. (yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan