Menjanjikan, Top Speed KTM Impresif Hanya Kalah dari Ducati

JAKARTABintang KTM Pol Espargaro tak pernah merasa motornya senyaman saat ini sejak bergabung dengan tim tersebut pada 2017. RC16 mengalami kemajuan pesat dari sisi sasis maupun mesin.

Hari kedua tes postseason MotoGP di Valencia (21/11/2019) baru berjalan beberapa sesi. Di garasi KTM, Pol Espargaro terlihat lebih semringah dari pada hari-hari sebelumnya. Pasalnya, catatan waktunya berhasil menyamai raihan lap terbaik juara bertahan Marc Marquez, yaitu 1 menit 30,6 detik, hanya di lap ketiganya menggunakan sasis baru.

”Setelah terjatuh, aku mengganti baju balap dengan yang baru. Rasanya kurang nyaman. Meski begitu, aku bisa tetap berada di posisi kedua dengan catatan waktu yang sama dengan Marquez,” ujar Pol saat itu, seperti dilansir Autosport.

Kecepatan yang diraih dengan sangat cepat itu mengejutkan tim KTM. Apalagi, saat itu Pol terpaksa menjajal sasis baru karena motor utamanya (dengan sasis baru lainnya) rusak lantaran terjatuh. Sasis baru tersebut memang mengalami perubahan radikal jika dibandingkan dengan edisi tahun lalu. KTM lebih berani merombak sasis model teralis yang selama ini jadi ciri khas mereka.

Tahun ini, sasis baru mereka menjelma sebagai hibrida. Bagian bawahnya tetap berbentuk teralis tubular berbahan baja. Sementara itu, sasis bagian atasnya berbentuk kotak layaknya sasis MotoGP pada umumnya.

Kemajuan KTM semakin terkonfirmasi dengan hasil tes pramusim di Sepang, Malaysia. Pol mengakhiri sesi dengan selisih hanya 0,261 detik di belakang rider tercepat Fabio Quartararo (Petronas Yamaha).

Bukan hanya kecepatan satu lap, Pol juga tampil kompetitif pada simulasi balapan. ”Aku melahap 23 lap (setara dengan jarak balapan) dengan rata-rata kecepatan 1 menit 59,7 de-tik. Jujur, itu sangat bagus,” papar rider Spanyol itu, seperti dikutip Crash.

Selain sasis, KTM juga mengubah sudut kemiringan mesin V4 mereka menjadi 90 derajat. Mengikuti jejak Ducati dan Honda. Hasilnya, di trek lurus, KTM tak kalah cepat dari Ducati. Di Sepang, top speed mereka menembus 330,2 km per jam. Hanya kalah oleh tiga rider Ducati. (jpc/rus)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan