1.700 Personel Amankan Laga Arema FC Vs Persib

BANDUNG-Sebanyak 1.700 personel diterjunkan untuk mengamankan big match Arema FC vs Persib Bandung. Laga Liga 1 itu akan digelar di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang. Kapolres Malang AKBP Hendri Umar menuturkan, sistem pengamanan dibagi menjadi empat ring. Sebanyak 1.700 personel itu terdiri dari berbagai unsur.

Ring pertama, kata Hendri, ditempatkan di pinggir lapangan. Tujuannya untuk menyekat akses penonton agar tidak sampai menjangkau area lapangan saat terjadi kericuhan.
“Ring pertama untuk mengamankan agar penonton tidak masuk ke lapangan ketika timbul kericuhan,” ujar Hendri usai memimpin simulasi pengamanan laga Arema vs Persib di Stadion Kanjuruhan, dilansir dari news.detik.com, Kamis (5/3).

Ia menambahkan, ring kedua yakni tribun stadion. Fungsinya menjaga keamanan dan kenyamanan penonton selama menyaksikan pertandingan di tribun.

“Sekaligus mengecek keberadaan flare, petasan, kembang api, miras di setiap gate,” imbuh Hendri.
Hendri melanjutkan, ring ketiga diperkuat oleh personel kepolisian dari beberapa fungsi yang fokus mengamankan area luar stadion. Sebab, itu merupakan laga big match yang akan menarik banyak penonton untuk menyaksikan pertandingan tersebut langsung dari stadion.
“Kan pasti ramai ya laga ini. Kami juga antisipasi copet atau pun curanmor dengan menempatkan polisi intel di luar stadion,” sambung Hendri.

Sementara di ring empat diterjunkan personel untuk pengamanan sepanjang rute keluar masuk area Stadion Kanjuruhan. “Kami sudah tempatkan personel di sana untuk melancarkan arus lalu lintas setelah atau sebelum pertandingan berlangsung,” tambahnya.
Laga tersebut merupakan laga Liga 1 pekan kedua. Skuad Singo Edan akan bertarung melawan Maung Bandung pada Minggu (8/3) pukul 18.30 WIB. (bbs/tur)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan