Ajay Minta Warga Ikut Awasi dan Laporkan Penyebab Banjir

CIMAHI – Wali Kota Cimahi, Ajay Muhamad Priatna berharap masyarakat berperan aktif ikut menjaga kebersihan daerah, terutama saat membuang sampah. Sebab, saat musim hujan, sampah-sampah yang dibuang sembarangan bisa menyumbat saluran air dan akibatnya bisa terjadi banjir dimana-mana.

Selain meminta ikut menjaga kebersihan, Ajay juga meminta masyarakat ikut memerhatikan kondisi saluran drainase dan aliran sungai di permukiman.

”Musim hujan telah tiba, mari bersama-sama bantu Cimahi yang kita cintai ini bebas dari banjir,” kata Ajay, di Komplek Perkantoran Pemkot Cimahi, Rabu (5/11).

Tidak hanya itu, Ajay juga berharap masyarakat mau cepat-cepat melaporkan kepada dinas terkait atau langsung di akun media sosialnya langsung, jika menemukan saluran drainase yang tersumbat.

”Silahkan informasikan ke saya, titik di rumah warga yang drainasenya tersumbat oleh sampah. Mohon kirimkan foto serta lokasi drainase tersebut ke akun media sosial. Saya akan segera berkordinasi dengan dinas terkait untuk segera membersihkan sampah di daerah,” bebernya.

Namun, jika saluran yang tersumbat tersebut sudah dibersihkan, maka masyarakat harus menjaga kebersihannya dengan tidak buang sampah sembarangan.

”Mari bersama jaga kebersihan Kota Cimahi,” ucapnya.

Berita sebelumnya, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Cimahi mengklaim pengerjaan revitalisasi drainase memberi dampak positif.

”Memang masih ada genangan tapi dalam waktu singkatbisa langsung surut lagi. Kami kira kondisi ini sudah cukup siginifikan dalam progres penanganan banjir,” ujar Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUPR Kota Cimahi Wilman Sugiansyah.

Dalam tahun 2019, sedikitnya dilakukan perbaikan pada 19 titik drainase. Rata-rata menggunakan u-ditch ukuran 60 sesuai standar jalan kota.

”Ukurannya sudah standar. Kalau pakai lebih besar, harus ada pembebasan tanah lagi jadi prosesnya bakal lebih lama,” ucapnya.

Memasuki musim hujan, Wilman mengklaim pekerjaan sudah nyaris rampung.

”Untungnya di tahun ini lelang bisa lebih cepat sehingga sebelum awal tahun sudah selesai,” katanya.

Penyebab banjir di Cimahi juga akibat penumpukan sampah di saluran. Diharapkan masyarakat membantu pembersihan sampah di saluran drainase.

”Mohon juga masyarakat agar tak buang sampah sembarangan, karena sampahnya menumpuk di drainase,” tandasnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan