Ikan Bisa Mencegah Stunting

SOREANG – Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo menyatakan untuk mencegah Stunting pada anak-anak, maka harus meningkatkan produktivitas budidaya perikanan di setiap daerah.

Hal itu dikatakannya saat mengunjungi Pasar Ikan Modern (PIM) di Kecamatan, Soreang Kabupaten Bandung. Menurutnya, dengan diperbanyak makan ikan, bisa mencegah stunting pada anak.

”Upaya mencegah Stunting, kami akan terus meningkatkan produksi sampai ke masyarakat, mari kita sama-sama cegah stunting, kekerdilan dari anak-anak kita, sehingga anak-anak harus diberi makan ikan. Tidak hanya daging ikan saja, namun kalsium bisa didapatkan dari tulang ikan dan susu,”kata Edhy saat kunjungan ke PIM Sabilulungan, Kabupaten Bandung, Sabtu (2/11).

Menurutnya, ini salah satu gerakan awal dulu di zaman Menteri Ibu Susi dan ini akan terus di dorong, sehingga apa yang kurang di Pasar Ikan Modern (PIM) Sabilulungan di Soreang ini harus segera di lengkapi. Selain itu, lanjut Edhy, PIM Sabilulungan ini tidak hanya menjual ikan laut dan ikan tawar segar saja, tapi juga menjual segala macam bumbu masak ikan dan sayuran segar sebagai pelengkap.

”Tempat ini juga tidak hanya jualan ikan dan sayuran. Tapi menjual ikan sekaligus bisa dimasak di tempat. Di lantai dua ada tempat pembakarannya. Apabila masyarakat datang kesini, jalan-jalan kesini, mau bakar ikan laut, ikan tawar, tinggal beli bayar langsung, lalu dimasak dan dimakan di atas bersama keluarga,”jelasnya.

Saat ditanyakan, apakah ada keluhan dari pedagang di PIM, Edhy mengatakan, keluhan para pedagang ikan di PIM meminta untuk meningkatkan promosi. Pasalnya, masih kurang pengunjung karena masih baru. Namun ia yakin dengan upaya promosi oleh Pemkab Bandung ditambah akses Tol Soroja yang juga terbilang baru akan meningkatkan penjualan.

”Tadi ada masukan katanya masih kurang es, padahal sudah ada dua pabrik es berkapasitas 1,5 ton per hari. Pusat mendorong pemerintahan daerah menjemput bola, yang jelas masukan lain yaitu promosi. Begitu sudah dipromosikan ditambah adanya Jalan Tol yang sudah dibuka akan menjadi daerah tujuan wisata baik lokal maupun internasional,” jelasnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan