oleh

Festival Dorong Kabupaten Banding Jadi Pusat Kopi Jabar

BANDUNG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung menggelar Bandung Coffee Festival 2019 dan Coffee Masters Competition di Festival Citylink yang diikuti 30 kelompok tani dan puluhan barista asal Kabupaten Bandung.

Bupati Bandung Dadang M. Naser, mengapresiasi atas diselenggarakannya even tersebut. Menurutnya, kegiatan seperti itu menjadi peluang untuk mempromosikan kopi asal Kabupaten Bandung ke tingkat nasional, bahkan kelas internasional.

“Kami mengapresiasi sekaligus berterimakasih kepada para pelaku dan ahli kopi yang terus mengenalkan kopi Kabupaten Bandung, baik di tingkat nasional maupun internasional,” ungkap Dadang saat membuka kegiatan tersebut, Jumat (23/8).

Dadang mengatakan, kopi asal Kabupaten Bandung telah meraih beberapa penghargaan, antara lain juara dua kontes kopi specialty Indonesia 2015. Penghargaan tersebut diberikan kepada Eti Sumiati selaku pimpinan Kelompok Tani Wanoja, Kecamatan Ibun.

”Kopi kita sudah berkualitas, namun dari segi kuantitas kalah dengan Brazil. Saya yakin, kuncinya pasti di pupuk yang mereka gunakan. Nanti kita beli pupuknya dan kita lakukan uji laboratorium untuk mengetahui isi kandungannya. Saya yakin dengan menggunakan pupuk organik, kualitas dan kuantitas kopi kita dapat meningkat,” akunya.

Kepala Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Bandung Tisna Umaran menuturkan,  pada bulan Maret lalu, Distan sudah melakukan audisi pertama untuk Coffee Masters. Dimana pada saat itu, kata Tisna, diikuti 18 peserta dan yang lolos hanya 8 peserta. “Sekarang, audisi kedua diikuti 20 peserta, yang akan disaring menjadi 8 peserta, yang nantinya masuk final,” tuturnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga