STP Bandung Gelar Food Display

BANDUNG- Kegiatan ”Food Display” yang diselenggarakan oleh Program Studi Manajemen Tata Boga Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung dengan mengangkat tema ”Healthy Food Concept Display Healthy Lifestyle, Sport Nutrition and Special Needs For Start Up Business” dilaksanakan pada Kamis, 13 Juni 2019 di Nusantara Restoran, Sekolah Tinggi Pariwisata NHI Bandung.

Latar belakang dari tema yang diangkat kali ini adalah respon dari perubahan pola hidup masyarakat yang ingin mengonsumsi makanan sehat, terutama kebutuhan akan menu khusus yang berkaitan dengan kondisi masalah kesehatan tertentu ataupun untuk menunjang performa atlet. Program Studi Manajemen Tata Boga sebagai penyelenggara pendidikan vokasi dalam bidang Tata Boga menganggap perlu untuk membekali para mahasiswa semester 5 dengan kompetensi dalam pengolahan berbagai menu tersebut dan menjajaki peluang potensi pasar.

Dalam kesempatan kali ini, Program Studi Manajemen Tata Boga Sekolah Tinggi Pariwisata NHI Bandung bekerja sama dengan para praktisi dan para narasumber dari Perhimpunan Dokter Gizi Medik Indonesia Cabang Jawa Barat (PDGMI Jabar) sebagai pembimbing mahasiswa dalam perumusan menu. Kolaborasi lintas profesi dalam kegiatan Food Display ini bertujuan agar mahasiswa mendapatkan kompetensi dalam pengolahan makanan khusus yang sesuai dengan kaidah gizi serta kualitas produksi yang optimal. Produk yang dihasilkan dibuat dengan memperhatikan pemilihan dan pengolahan bahan makanan, kandungan gizinya. Selain itu mahasiswa sekaligus dapat menjajaki bidang wirausaha dengan juga memperhatikan rasa, penampilan, dan kemasan produk yang disesuaikan dengan target market sehingga layak jual.

Adapun pemilihan tema atau menu yang diangkat oleh setiap kelompok mahasiswa sesuai dengan kondisi perkembangan dan kebutuhan yang ada di masyarakat yaitu sebagai berikut:

  • Healthy Food for Healthy Lifestyle
  • Healthy Food for Diabetic Patients
  • Healthy Food for Runner Athletes
  • Healthy Food for Swimmer Athletes
  • Healthy Food for Cardiovascular Health
  • Healthy Food for Children with Autism
  • Healthy Food for Hypertension
  • Healthy Food for Kidney Insufficiency

Kegiatan ini diharapkan menjadi terobosan bagi bidang industri makanan dengan mengedepankan konsep yang berbeda, berkualitas serta didukung dengan sinergi lintas profesi yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat serta menjadi sektor bisnis yang berpotensi besar untuk dilaksanakan. Kegiatan ini mendapat dukungan dari Manajemen Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung, PDGMI Jabar dan praktisi lainnya, sebagai Narasumber/pembimbing mahasiswa.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan