Waspadai Jalur Selatan

BANDUNG – Bagi masyarakat yang akan mudik lebaran, harus mewaspadai kondisi jalur lintasan. Khususnya wilayah Jabar selatan. Berdasarkan informasi yang diperoleh, beberapa titik rawan kecelakaan di wilayah Jabar selatan harus menjadi perhatian bagi para pemudik yang melintas.

Berdasarkan catatan Jalur lintasan di wilayah Gentong Kabupaten Tasikmalaya sering terjadi kecelakaan. Di jalur tersebut memiliki tikungan sangat tajam dan kondisi jalan yang menanjak.

Turunan tajam dan tikungan tajam dengan kedua sisi batu cadas dan jurang akan dijumpai oleh pemudik diwilayah itu. Sehingga, para pengendara dituuntut ekstra waspada jika ingin melewati jalur Gentong.

Kepala Kepolisian Sektor Kadipaten (Gentong) Ajun Komisaris Erustiana mengakui, jalur Gentong memang sangat rawan kecelakaan.

Namun, sesuai perintah dari Kapolda, selama arus mudik Jalur tersebut akan diawasi oleh jajaran lantas.

Selain itu, di jalur tersebut akan didirikan beberapa pos untuk memberikan pelayanan kepada pemudik yang me­rasa kelelehan selama di per­jalanan.

Selain itu, pemasangan rambu-rambu jalan sudah dilakukan di jalur tersebut. Sehingga, para pemudik harus selalu memperhatikannya. Namun, yang tak kalah pen­ting untuk keselamatan ber­kendara adalah kondisi ken­daraan dan pengemudi yang harus prima.

’’Kendaraan harus laik jalan, sebelum berangkat periksa dulu kondisi ban, rem lampu-lampu dan lainnya,’’kata dia.

Sementara itu, kondisi jalan Gentong saat ini dalam kon­disi sangat baik. Sebab, pe­merintah setempat sudah melakukan perbaikan dengan memperbaiki permukaan jalan yang tidak rata.

Sementara itu, Dinas Per­hubungan Jawa Barat mem­prediksi ada 50 titik kemace­tan yang akan terjadi saat masa mudik Lebaran 2019. Terbanyak berada di kawasan Pantura, akibat adanya akti­vitas warga setempat di seba­nyak 21 pasar tumpah.

Menurut Kepala Dinas Per­hubungan Jawa Barat Heri Antasari, penyebab terjadinya kemacetan selain pasar tum­pah yaitu adanya empat per­simpangan. Kawasan Pan­tura menjadi salah satu dae­rah yang akan terjadi kema­cetan yang cukup banyak pada masa mudik Lebaran 2019.

”Karena di sana itu men­jadi konsentrasi para pemudik dari prediksi kurang lebih 14.900 juta pemudik tadi yah yang dari yang keluar Jade­botabek itu kan 3,7 juta masuk ke Jawa Barat. Karena saya bicara Jawa Barat di sini, maka untuk Pantura ini yang akan melewati tujuh tol Pan­tura kurang lebih 1,7 juta pemudik. Kemudian yang lewat Pantura ya sendiri kurang lebih 1,2 juta,” kata Heri di Bandung, Senin (27/5).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan