oleh

Bawaslu Siap Menindaklanjuti Laporan Dugaan Money Politic 

SOREANG – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bandung sudah meregistrasi laporan warga Pangalengan terkait dugaan politik uang yang dilakukan oleh salah seorang calon anggota DPRD Kabupaten Bandung beberapa waktu lalu.

Ketua Bawaslu Kabupaten Bandung Januar Solehuddin mengatakan, sesuai tahapan menerima dan meregistrasi aduan atau laporan dari warga tersebut pada Jumat (26/4/2019).

“Secara fisik, syarat formil dan materilnya sudah terpenuhi. Rencananya, hari ini (red) aduan warga akan ditindaklanjuti dengan pemeriksaan syarat formil dan masteril,” ujarnya saat ditemui di Hotel Sutan Raja, Soreang.

Meskipun demikian Januar menegaskan, pemeriksaan kasus tersebut belum bisa dilakukan. Soalnya seusai Peraturan Bawaslu Nomor 31 Tahun 2019, syarat formil dan materil tersebut harus dibahas dulu selama 1 x 24 jam pada hari kerja.

“Nanti kita bahas dan kaji syarat formil dan materil yang diterima. Setelah itu akan diputuskan apa yang akan dilakukan dan nantinya Ketua Sentra Gakumdu akan membuat surat penyelidikan,” tutur Januar.

Surat tersebut, kata Januar, dikeluarkan agar Gakumdu yang terdiri dari unsur Bawaslu, kepolisian dan kejaksana, bisa mengumpulkan alat bukti dan bukti-bukti lain yang terkait. Bukti tersebut nantinya bisa dijadikan dasar apakah laporan tersebut bisa dilanjutkan ke ranah hukum pidana pemilu atau tidak.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.