Bandung Siap 90 Persen Hadapi Pemilu

BANDUNG– Delapan hari menjelang pesta demokrasi Pemilihan Umum (Pemilu) 2019, Kota Bandung sudah semakin siap menyambut gelaran lima tahunan ini.

“Persiapan jelang Pemilu di Kota Bandung saat ini sudah mencapai 90%. Saat ini, kami sedang fokus merampungkan distribusi logistik di kewilayahan,” ujar Komisioner Divisi Perencanaan Program dan Data Informasi Komisi KPU Kota Bandung, Adi Prasetyo dalam ‘Bandung Menjawab’ di Taman Sejarah Jalan Aceh, Kota Bandung, Selasa (9/4/2018).

Selain itu, KPU juga sudah menyiapkan dua TPS khusus yang nantinya akan beroperasi di Rumah Sakit di Bandung.

“Kami sudah koordinasi dengan Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) dan Rumah Sakit Santosa, dan mendapat respon positif,” sambung Adi.

Kehadiran dua TPS Khusus di Rumah Sakit ini menurut Adi akan memfasilitasi sejumlah pemilih yang benar-benar tidak bisa datang ke TPS.

Jika berkaca pada penyelenggaraan pemilu sebelumnya, jumlah pemilih di Kota Bandung mengalami peningkatan.

Daftar Pemilih Tetap (DPT) Kota Bandung saat ini berada di angka 1.739.297 pemilih. Jumlah ini meningkat dibandingkan saat Pemilu 2014 digelar yaitu sebanyak 1.664.703 pemilih.

Sebagai kota tujuan urba­nisasi, Bandung juga mene­rima formulir A5 terbesar di Jawa Barat dengan jumlah 15.731 pemilih. Jumlah ter­sebut masih akan bertambah, mengingat pendaftaran A5 baru ditutup pada Jumat, 10 April 2019.

Adi memaparkan, adanya perbedaan regulasi untuk DPT dan DPTb (Daftar Pemilih Tambahan) pada Pemilu 2019 ini. Perbedaan itu terletak pada jumlah kertas suara yang didapatkan oleh pemilih DPTb.

“Perbedaannya terletak pada jumlah kertas suara yang dipilih. Karena menyesuaikan dengan administrasi kependudukan pemilih tersebut,” ujar Adi.

Oleh karenanya, Adi me­nyarankan pemilih yang be­rasal dari luar Kota Bandung dan bisa pulang di hari pen­coblosan, sebaiknya pulang dulu agar bisa memilih di wilayahnya.

“Sebagai bentuk penguatan demokrasi juga. Karena pe­milih yang menggunakan A5 ini tidak bisa memilih calon legislatif di kewilayahannya,” sambungnya.

Sementara itu, untuk men­jaga kondusi Kota Bandung, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) sudah menyiapkan langkah-langkah pengawalan Pemilu 2019.

“Kami sudah melakukan cipta kondisi dengan merang­kul KPU, Bawaslu, dan aparat keamanan dengan tujuan menjaga Kota Bandung kon­dusif saat Pemilu 2019 ini,” ujar Kepala Bakesbangpol Kota Bandung, Ferdi Ligas­wara.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan