Ingingkan Lulusan SMA 100 % ke Perguruan Tinggi

BANDUNG – Menjelang pelaksanaan Ujian Nasional (UN) Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat, Dewi Sartika menargetkan seluruh siswa SMA 100 persen lulus dan bisa masuk perguruan tinggi.

Dia mengatakan, sejauh ini lulusan SMA/SMK yang ingin kuliah atau melanjutkan ke perguruan tinggi masih kecil. Sehingga buat para siswa yang akan lulus harus dipandu untuk menentukan bakat dan minatnya.

’’Jadi seperti dilakukan berbagai pameran perguruan tinggi ini memberikan edukasi dan pengetahuan mengenai berbagai perguruan tinggi,”kata dia.

Dewi berharap, lulusan SMA-SMK di Jawa Barat dapat memasuki perguruan tinggi jauh lebih meningkat. Namun, tidak bisa memungkiri, beberapa siswa ada yang tidak dapat menyelesaikan sekolah sampai perguruan tinggi.

Dewi meminta, kepada para orang tua agar terus mendorong anaknya untuk memperoleh pendidikan lebih tinggi. Namun, untuk mencapai ini perlu persiapan matang dari para orang tua. Sehingga, ketika anaknya lulus orang tua tidak kesulitan masalah biaya.

Dia menambahkan, bahwa setiap anak atau para siswa memiliki potensi, minat, dan bakatnya masing-masing. Hanya saja menurutnya, anak yang mampu mengenali dirinya sendiri, bahwa potensi yang dimiliki akan menjadi bekal masa depan.

’’Ini yang harus didorong dan dibantu agar para siswa kelak bisa menentukan piluihan dan bakatnya dan bisa mecapai cita-citanya,”pungkas dia.

Adapun jalan yang ditempuh para siswa itu pun bisa berbeda-beda, sebagian mengembangkan diri melalui perguruan tinggi, ada pula yang mengembangkan diri melalui kursus-kursus lainnya.

“Itu tidak jadi masalah, mereka bisa lebih percaya diri dan merasa yakin dengan kemandirian akan lebih sukses,” ungkapnya. (yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan