oleh

Menjadi Orang Tua Bijak di Era Digital

Dengan mengajak anak ngobrol dan berbicara satu sama lain, bisa membangun kedekatan antara orang tua dan anak. Masing-masing juga bisa sedikit mengenal karakter secara perlahan, meski sejak anak masih kecil, sedikit banyak orang tua akan mengetahui bagaimana pola pikir anak, dan apa saja yang dia kerjakan selama berada di dunia maya.

Jangan Menjadikan Gadget Sebagai Pengganti

Tidak dapat dipungkiri bahwa gadget seperti sudah men­jadi gaya hidup. Bahkan anak-anak saat ini sudah pandai memainkan gadget. Tapi jika itu dijadikan sebagai peng­ganti kasih sayang kepada anak, maka dia akan menga­lami permasalahan saat tum­buh menjadi dewasa.

Dengan menyediakan gad­get, berikut beberapa apli­kasi favorit anak didalamnya, bukan berarti orangtua bisa lepas tangan dari kewajiban­nya untuk memberikan per­hatian dan kasih sayang yang semestinya. Sebab pada da­sarnya tak ada hal yang bisa menggantikan kasih sayang orangtua pada buah hatinya.

Mengedukasi Diri Sendiri. Untuk menangkal pengaruh buruk dunia maya, orag tua tidak bisa menggunakan pe­mahaman lama. Slogan ”Orang tua Gak Boleh Gaptek” menjadi penting saat ini. Se­baiknya perkaya informasi tentang perkembangan dunia maya, bagaimana cara me­mantau anak-anak tanpa membuat mereka merasa diawasi dan terapkan filter konten dunia maya. Dengan cara ini, orang tua akan tahu bagaimana kondisi dunia maya sekarang ini, sekaligus bisa menerapkan filter agar anak-anak tidak terpapar dampak buruknya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.