Paling Siap Sambut Revolusi Industri 4.0

Sebagai acara penutup, se­banyak 165 komunitas kreatif di Jawa Barat menggelar De­klarasi Jabar Kondusif di Jalan Braga Kota Bandung, Minggu (11/11).

Presiden RI Joko Widodo dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang turut hadir dalam acara deklarasi yang juga di­hadiri para tokoh agama ini menyambut baik atas dige­larnya deklarasi tersebut.

Untuk itu, melalui dekla­rasi ini Presiden menyebut bahwa Jawa Barat akan men­jadi contoh bagi daerah lain untuk menjaga kondusivitas di daerahnya masing-masing.

”Dan kalau melihat seperti ini – saya melihat bahwa Bandung, bahwa Provinsi Jawa Barat akan menjadi pe­lopor bagi ketenangan, kon­dusivitas negara yang kita cintai, Indonesia,” ujar Presi­den.

Presiden juga menyatakan bahwa persatuan dan keru­kunan merupakan aset ter­besar republik ini. Meskipun berbeda suku dan agama, diharapkan tidak menjadi penghalang ketenangan dan kedamaian di negeri ini.

”Semua warga negara Indo­nesia menginginkan agar Tanah Air kita yang berbeda suku, berbeda agama, ber­beda bahasa daerah, yang berbeda-beda semuanya. Tetap dalam kondisi yang tenang, yang rukun, yang te­tap terus bersatu,” ucap Pre­siden.

Sementara itu, Gubernur Ridwan Kamil berharap Pre­siden bisa melihat energi positif dan energi kreatif dari masyarakat Jawa Barat setelah berkunjung selama dua hari ini. Termasuk energi keda­maian yang ada di bumi Pa­rahyangan ini. ”Hari ini kita akan deklarasi Jabar Kondu­sif, pak (Presiden),” tutur Emil, sapaan Ridwan Kamil.

“Di belakang bapak adalah tokoh-tokoh agama dari semua yang siap menyatakan akan menjaga perdamaian, men­jaga kondusivitas menuju Jawa Barat Juara Lahir Bathin, menuju Indonesia hebat, menuju apapun dengan da­mai,” tandasnya. (mg1)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan