oleh

Waspadai Pergerakan Tanah di Musim Hujan

SOREANG – Datangnya musim penghujan Bupati Bandung Dadang M. Naser menghimbau agar warga Kabupaten Bandung meningkatkan kewaspadaan pada pergerakan tanah.

Menurutnya, berakhirnya musim kemarau dengan datangnya musim hujan di bulan November ini harus di waspadai. Sebab, di beberapa titik wilayah rawan terjadi pergerakan tanah yang bisa menyebabkan longsor.

’’Badan Meteorologi Kriminologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi pada November mendatang kemarau berakhir dan sekarang sudah masuk musim hujan kita harus selalu waspada,”jelas Dadang kepada wartawan kepada wartawan kemarin. (6/11).

Dia mengatakan, pada masa pergantian musim tersebut setiap wilayah rawan terjadi pergerakan tanah. Sehingga, warga yang tinggal dilereng-lereng gunung atauy di bawah tebih segera mengungsi jika terjadi hujan deras.

Dadang menyebutkan, wilayah yang rawan terjadi pergerakan tanah ada di wilayah utara (Cimenyan), Pangalengan bagian selatan, Kertasari yang bentangannya nyambung sampai ke Garut dan sebagian wilayah Ciwidey.

’’ Daerah-daerah tersebut banyak yang mengalami rawan longsor. Bahkan, diwilayah perbatasan Jabar Selatan juga,” cetus Dadang.

Selain itu, wilayah yang rawan terjadi pergerakan tanah juga ada di wilayah Nagreg, Ibun, Rancabali, Arjasari, Cimaung dan Pasirjambu. Didaerah ini biasanya terjadi di daerah perbukitan.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga