7 Ribu Perwira Berbusana Batik

BANDUNG – DPD Perkumpulan Perempuan Wirausaha Indonesia (Perwira) Jawa Barat memecahkan Rekor Muri Indonesia melalui acara semarak berbusana batik terbanyak. Sekitar 7 ribu perempuan berbusana batik nusantara berkumpul di Halaman Gedung Sate, kemarin (9/10).

Ketua Dekranasda Jabar Atalia Ridwan Kamil mengatakan, bangga bisa memecahkan Rekor Muri tersebut. Pasalnya Jawa Barat memiliki potensi yang sangat luar biasa khususnya untuk koleksi batik.

”Kami bangga sebagai warga Jawa Barat karena kami memiliki potensi luar biasa khususnya batik, ini menjadi salah satu cara kami untuk belajar mencintai budaya sendiri,” kata Atalia di Gedung Sate Bandung, Selasa (9/10).

Menurutnya agenda tersebut sebagai bentuk kecintaan masyarakat Jabar terhadap budaya. Karena budaya terkhusus batik ini harus dilestarikan dan diperkenalkan di seluruh dunia. Agara tidak diklaim negara lain.

”Kami tidak rela budaya kami diambil oleh orang lain. Sekarang dan mulai dari diri kita sendiri harus bangga. Ini bentuk rasa cinta kita terhadap batik terutama ini sudah menjadi warisan budaya dunia ini kami sebarluaskan,” jelasnya.

Ibu Cinta sapaanya berharap yang dilakukannya bersama para Perwira sebagai bentuk inovasi kreativitas masyarakat Jabar. Maka harus diapresiasi dan diharapkan bisa menumbuhkan cinta kepada budaya bangsa sendiri.

Menurutnya 27 Kabupaten Kota di Jabar memiliki potensi dan keunikan. Dengan berbagai motif batik, maka kreativitas ini harus didukung dan didorong oleh pemerintah daerah.

”Alhamdulillah utamanya adalah mereka yang sudah mulai mengembangkan kerajinan batik semenjak dulu seperti di Cirebon, Indramayu dan lain-lain. Mudah-mudah memberikan inspirasi yang lain,” ujarnya.

DPD Perwira Jabar Rini Sujiyanti mengatakan jenis batik di Jawa Barat sangat beragam. Namun setiap daerah di Jabar sudah memiliki jenis ciri khas batik masing-masing. Pihaknya mengklaim 27 kabupaten dan kota di wilayahnya sudah memiliki motif batik masing-masing. Namun perihal jumlah jenis keseluruhan belum ada data yang pasti.

”Jenisnya berbeda-beda, tapi kami belum mendata yang jelas setiap kabupaten kota punya tema sendiri,” kata Rini.

Seperti diketahui, batik yang sudah terkenal yakni Mega Mendung dari Cirebon dan Garut, dari Kuningan motif Kuda, motif Bambu dari Cimahi juga dari Depok. Selain itu berbagai motif dari Karawang, Bandung Barat,

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan