Kampung KB Salahsatu Program Dede Yusuf

SOREANG – Mitra Kerja BKKBN, Saeful Bahri, menyebutkan Program Kampung KB merupakan salahsateu bentuk kepedulian dan perhatian Dede Yusuf Macan Effendi terhadap masyarakat di daerah Kabupaten Bandung, saat ini Dede Yusuf merupakan Ketua Komisi IX DPR RI Periode 2014-2019.

“Dede Yusuf Macan Effendi selaku Anggota DPR RI Komisi IX memiliki 7 mitra kerja yang salah satunya adalah Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN). BKKBN adalah lembaga pemerintah nonkementerian yang berada dibawah dan bertanggung jawab kepada presiden melalui menteri kesehatan,” ujar Saeful Bahri saat melakukan sosialisasi Kampung KB di Lapangan Sukamaju Timur, RT 01/RW 11, Desa Pamekaran, Kec. Soreang, Kab. Bandung, Kamis (4/10/2018).

Menurutnya, Sosialisasi Program Kampung KB ini penting dilaksanakan secara berkelanjutan agar menekan angka jumlah penduduk di Indonesia sekaligus membangun bangsa dimulai dari keluarga, agar keluarga sejahtera dan bahagia.

Kades Soreang, Eet, mengucapkan terima kasih kepada Dede yusuf Macan Effendi yang diwakilkan oleh Saeful Bachri selaku Tenaga Ahlinya atas atensi dan kepeduliannya terhadap warganya. Salahsatunya dengan mengadakan sosialisasi Kampung KB dari BKKBN sebagai mitra kerja Dede yusuf selaku anggota DPR RI Komisi IX.

“Semoga dengan terlaksananya agenda ini masyarakat di Kec. Soreang dapat menjadi percontohan Kampung KB bagi Kampung lainnya dan dapat setara dengan wilayah yang telah menjadi Kampung KB. Sebagai suatu wilayah yang padat akan penduduk program ini bisa dikatakan tepat sasaran dan mempunyai dampak yang cukup signifikan bagi masyarakat kami,” ujar Eet.

Sementara Hadi Purwoko dari BKKBN Prov. Jabar menyebutkan, melihat saat dulu KB pernah memiliki masa kejayaan pada tahun 1970-1990 karena pemerintah berperan pro aktif dalam mendukung sosialisasi KB. Tetapi pada saat ini Kampung KB sudah mulai lesu dalam menyuarakan sosialisasi-sosialisasinya kepada masyarakat.

“Alhamdulillah kami sebagai mitra kerja dengan Bapak Dede Yusuf selaku Anggota DPR Komisi IX dapat menyuarakan kembali Kampung KB di diwilayah Kab. Bandung,” pujinya.

Kampung KB memiliki program unggulan yaitu Kependudukan Keluarga Berencana Pembanguan Keluarga (KKBPK) dimana mempunyai 3 makna yaitu Kependudukan, Keluarga dan Pembangunan. Dimana dalam melaksanakan hal tersebut dibagi menjadi 3 jenis pembinaan yaitu, Bina Keluarga Balita (BKB) Bina Bina Keluarga Remaja (BKR) Bina Keluarga Lansia (BKL). Dalam melakukan 3 pembinaan tersebut harus dipadupadankan denga 8 fungsi keluarga yaitu, Agama, Sosial, Cinta Kasih, Perlindungan, Ekonomi, Pendidikan, Pelestarian Lingkungan, Reproduksi. (iing)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan