Populerkan Cabor Petanque ke Sekolah

CIMAHI– Untuk mempopulerkan olahraga Petanque, Federasi Olahraga Petanque Indonesia (FOPI) Jawa Barat akan menggelar roadshow ke sekolah-sekolah. Olahraga lempar bola besi metal (bosi) yang berasal dari Prancis. Dan tahun 2011, Petanque menjadi cabang olahraga yang dipertandingkan dalam Sea Games XXVI.

“Kalau organisasi Petanque di Jawa Barat mulai terbentuk tahun 2016. Untuk mempopulerkannya, kita akan roadshow ke sekolah-sekolah,” ujar Akhmad Sobarna, Sekretaris Umum FOPI Jawa Barat saat ditemui disela-sela Kejuaraan atar Daerah (Kejurda) Petanque Jawa Barat dalam rangka memeringati Hari Olahraga Nasional (Haornas) 2018, di Lapangan STKIP Pasundan Cimahi, Jalan Permana, Minggu (9/9).

Menurut Akmhad, olahraga Petanque terus berkembang di Indonesia, termasuk di Jawa Barat. Bahkan kini, mulai tumbuh atlet-atlet Petanque yang sangat berpotensi. “Talenta di Jawa Barat luar biasa. Di kejuaraan nasional selalu masuk 3 (tiga) besar,” ujarnya.

Olahraga Petanque sendiri menjadi salah satu cabang yang dipertandingkan dalam Pekan Olahraga Daerah (Porda) Jawa Barat 2018 yang akan berlangsung Oktober mendatang di Kabupaten Bogor.

Sebagai pemanasan, para atlet dan daerah yang lolos Porda Jawa Barat cabang Petanque pun turut serta dalam Haornas Petanque 2018 di Lapangan STKIP Pasundan Cimahi sejak Sabtu sampai Minggu atau 8-9 September 2019.

Dari 11 cabang yang dipertandingan dalam Porda nanti, hanya satu nomor yang dipertandingkan dalam Haornas kali ini, yakni double event. Tercatat ada 20 tim dengan 40 atlet junior yang bertanding serta 32 tim dengan 64 atlet senior yang ikut serta.

“Peserta Porda ikut semua. Termasuk Kota Cimahi,” jelasnya.

Ia mengungkapkan kejuaraan cabang olahraga Petanque Jawa Barat 2018 diinisiasi oleh Pengprov Federasi Olahraga Petanque Indonesia (FOPI) Jawa Barat dengan jumlah peserta sebanyak 104 atlet dari 12 atlet kabupaten/kota.

“Kejuaraan ini merupakan kegiatan yang sudah diagendakan. Untuk menyelengarakan kegiatan ini, kami menggandeng STKIP Pasundan Cimahi.
Mayoritas yang mengikuti kejuaraan ini adalah atle Porda,” ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut, pihaknya juga mengucapkan terima kasih kepada STKIP Pasundan Cimahi yang selalu mendukung kegiatan olahraga, termasuk Petanque.

“Saya merasa bangga dengan STKIP yang selalu mendukung dan selalu membantu terselenggaranya kegiatan olahraga berprestasi,” pungkasnya. (ziz/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan