oleh

Bus Maut Dua Tahun Tak KIR

SUKABUMI– Kepala Korlantas Polri Irjen Pol Refdi Andri menduga bus nahas yang menewaskan 21 orang di Desa Cikidang, Kecamatan Cikidang, Kabupaten Sukabumi tidak laik jalan karena sudah dua tahun tidak melakukan uji KIR. Dugaan tersebut diutarakan Kakorlantas dari hasil simpulan sementara penyebab kecelakaan maut yang terjadi, Sabtu (8/9).

”Walaupun belum ada hasil analisa. Tapi ada simpulan sementara yang diperkirakan. Termasuk dugaan tidak laik jalan. Pasalnya, terakhir uji kir dua tahun lalu. Selain itu dalam perjalanan ada dua kali rusak mobil tersebut,” ujar Refdi di Sukabumi, kemarin (9/9).

Tidak hanya itu, ungkap Refdi, sopir bus juga tidak memiliki SIM B sebagai bukti keahlian mengemudi bus. ”Setelah didalami, pengemudi hanya memiliki SIM A untuk kompetensi mengendarai mobil pribadi. Sedangkan kompetensi mengemudikan bus dia tidak ada,” ucapnya.

Bahkan, pihak perusahaan pun tak membayar pajak kendaraan. Termasuk kewajiban mengasuransikan kendaraan dan penumpangnya. ”Semua itu tidak dilakukan pihak perusahaan. Tidak dilakukan itu antara lalai atau memang sengaja, akan kita dalami,” ungkap Refdi.

Bukan hanya kendaraan, jelas Refdi, kondisi jalan pun masuk dalam pengamatannya. Mulai dari rambu, marka jalan, pengaman dan lainnya yang dinilai masih kurang.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga