Tingkatkan Kualitas Guru dengan Kuliah Umum

ANTAPANI – Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Bandung melalui Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Muhammadiyah Kota Bandung mengundang Guru Besar dari Institut Teknologi Surabaya Prof. DR. Eng. Imam Robandi untuk memberikan Kuliah Umum kepada Guru-guru sekolah Muhammadiyah se-Kota Bandung. Kegiatan itu diselenggarakan di Komplek Perguruan SD-SMP Muhammadiyah, Antapani, Bandung, Selasa (14/8) sore.

Sebanyak 150 guru hadir dengan penuh semangat mengikuti kegiatan ini. Kepala SD Muhammadiyah 2 Bandung, Tete menuturkan kegiatan ini merupakan sebuah upaya dalam peningkatan ilmu pengetahuan terutama dengan isu-isu yang saat ini berkembang dan dunia pendidikan harus dengan cepat meresponnya, agar tidak ketinggalan serta mampu melejitkan prestasi sekolah.

”Era Industri 4.0 merupakan zaman yang harus di jawab dengan kesiapan untuk menghadapinya. Era ini merupakan sebuah keniscayaan, sehingga harus betul-betul dipersiapkan, terutama guru-guru yang sejatinya bukan penduduk asli digital,” tutur Tete di sela-sela kegiatan berlangsung.

Era Industri 4.0 adalah nama tren otomasi dan pertukaran data terkini dalam teknologi pabrik. Istilah ini mencakup sistem siber-fisik, IoT (Internet of Think), cloud computing dan cognitive computation.

Sementara itu, Imam mencontohkan, bagaimana kemudahan kehidupan sekarang ini yang hanya dilakukan melalui ujung jari. Artinya, membeli barang apapun itu bisa dilakukan dengan ujung jari. Bahkan, tidak harus memegang uang agar dapat memiliki sesuatu, karena transaksi sudah dilakukan secara elektronik. Penggunaan sidik jari ataupun pengenalan wajah sudah menjadi hal yang saat ini menjadi biasa.

Dia melanjutkan, bagaimana peran dari pendidikan terutama peran sentral seorang guru untuk menjawab itu semua. Memberikan pemahaman tentang bagaimana ilmu itu adalah tulang punggung manusia dalam perjalanan hidupnya. Saat ini, manusia lebih tergantung terhadap ketersediaan data dan satu data satu dunia. Sehingga, pada akhirnya segala macam aktifitas manusia di era tersebut bisa di lakukan dengan hanya melakukan click saja.

Untuk itu, seorang guru dalam menghadapi era tersebut masuk ke dalam hukum global kita menjadi pemenang atau bahkan bisa tumbang jika tidak mampu untuk bertahan dan berinovasi. Demi menjawab tantangan itu, kata Imam, guru harus bisa menjadi bagian dari perkembangan tersebut. Bukan hanya bagian yang pasif namun juga harus menjadi aktif. Memanfaatkan teknologi sebaik-baiknya.

Tinggalkan Balasan